HONDA

Pilbup Rejang Lebong, Tiga Pasang Jalur Parpol, 1 Perseorangan

Pilbup Rejang Lebong, Tiga Pasang Jalur Parpol, 1 Perseorangan

CURUP  - Peta politik di Kabupaten Rejang Lebong (RL) menjelang Pilkada 2020 semakin mengerucut. Diperkirakan bakal ada empat pasang calon yang akan bersaing nantinya. Masing-masing tiga bakal calon yang diusung partai politik (Parpol) dan satu pasangan calon dari jalur Independen atau perseorangan. Namun opsi lainnya yaitu empat paslon ini seluruhnya menggunakan jalur parpol, meskipun satu-satunya pasangan calon perseorangan masih menunggu proses verifikasi faktual yang akan segera dilakukan KPU.

Dari perkembangan yang didaapatkan RB dari berbagai sumber, masing-masing untuk pasangan calon yang diusung parpol ada nama M. Fikri Thobari, SE berpasangan dengan Tarsisius Samuji, S.Pd (FIS). Saat ini keduanya sudah mengantongi SK dari PAN dengan dua kursi dan digadang-gadang juga akan mendapatkan kursi PDI Perjuangan serta Partai Perindo yang sama-sama memiliki empat kursi hingga total perkiraan kursi pengusung 10 kursi.

Fikri Thobari, SE dikonfirmasi Rakyat Bengkulu belum mau banyak berkomentar, meskipun dirinya mengaku optimis akan mendapatkan kursi tambahan untuk bisa maju dalam Pilkada RL. Apalagi mereka saat ini sudah mengantongi dua kursi dari PAN dan tinggal menambah empat kursi di DPRD Kabupaten RL untuk bisa mengusung dirinya bersama pasangan maju dalam Pilkada.

‘’Kita sudah dapat SK PAN yang sudah punya dua kursi di DPRD Kabupaten Rejang Lebong. Dan untuk kursi tambahan, kita optimis dapat dan bisa maju dalam pilkada. Tapi soal partai mana yang akan jadi kursi tambahan untuk mengusung kita, itu nanti biar Parpol masing-masing yang mengumumkan pada waktunya nanti,’’ singkat Fikri.

Kemudian ada pasangan Hj. Susilawati, SE, MM dan H. Ruswan YS, S.Sos, M.Si. Susilawati atau Buk Sus diketahui merupakan Ketua Partai Nasdem Kabupaten RL sekaligus istri dari mantan Bupati RL dua periode H. Suherman. Nasdem sendiri memiliki tiga kursi di DPRD Kabupaten RL dan informasinya mereka akan mendapatkan kursi tambahan dari Partai Golkar dengan 5 kursi di DPRD RL.

Tidak kalah pastinya, pasangan Jenderal Bintang Satu Laksamana Pertama TNI Dr. H. M. Faisal Manaf, SE, MM, MCDO yang berpasangan dengan politisi aberpengalaman Fatrolazi, SE. Mereka saat ini sudah mengantongi dua kursi dari PKB. Serta digadang-gadang akan mendapatkan kursi tambahan dari Partai Demokrat 4 kursi, Partai Hanura 2 kursi dan Partai Gerindra 2 kursi hingga total ada 10 kursi pengusung.

Sedangkan satu pasangan lagi, yaitu pasangan yang saat ini sedang mengikuti proses pencalonan jalur perseorangan adalah Syamsul Effendi, SE, MM dengan Hendra Wahyudiansyah, SH atau Sahe. Keduanya memiliki kans besar untuk menang dalam Pialkada 2020 ini. Dimana Syamsul diketahui menjadi pesaing utama pasangan Hijazi-Iqbal saat Pilkada 2015-2016 lalu dan mendapatkan suara cukup besar. Sedangkan pasangannya Hendra, merupakan sosok pemuda dan anak kandung dari Bupati Hijazi yang sedang menjabat hingga 2021 mendatang. Keduanya tinggal mengikuti proses verifikasi faktual yang tidak lama lagi dilaksanakan.

Opsi lainnya, Pilkada Rejang Lebong tetap empat pasang calon, namun diprediksi tanpa ada pasangan jalur perseorangan. Karena pasangan ini meskipun sedang menempuh jalur perseorangan, sudah mendapatkan SK dukungan dari PKS yang memiliki dua kursi di DPRD RL. Mereka juga diperkirakan akan mendaparkan kursi tambahan dari Partai Golkar yang memiliki 5 kursi di DPRD Kabuparen RL.

Sedangkan tiga pasangan lainnya, tetap diprediksi maju dengan dukungan parpol. Pasangan Fikri-Samuji dengan 6 kursi dari PAN dan PDI Perjuangan. Pasangan Susilawati Ruswan berkemungkinan dengan 9 kursi dari Partai Nasdem, Partai Perindo dan Partai Gerindra. Sedangkan pasangan Faisal-Fatrolazi dengan 8 kursi dari PKB, Partai Hanura dan Partai Demokrat. Namun semuanya tetap masih menunggu perkembangan lebih lanjut.

Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten RL Zulkarnain Thaib yang dikonfirmasi kemarin, mereka belum bisa memastikan siapa yang akan mendapatkan SK rekomendasi untuk diusung dalam Pilkada Kabupaten RL nantinya. Namun diakuinya sejauh ini yang sudah diusulkan ada tiga pasangan calon, masing-masing Faisal-Fatrolazi, Sahe dan Susilawi-Ruswan.

‘’Kita belum bisa pastikan siapa yang diberikan rekomendasi, karena saat ini masih dengan DPP dan akan diputuskan oleh DPP. Kalau sudah ada SK nya, jelas akan diumumkan, baik oleh DPP maupun DPD Provinsi nantinya, baru diturunkan ke kabupaten. Tapi yang jelas tiga pasangan yang kita jukan tersebut secara administrasi sudah mencukupi,’’ terang Zulkarnain.

Hampir senada, Ketua DPD Golkar Kabupaten RL H. Andrian Wahyudi, SE mengungkapkan, untuk pengumuman pasangan calon yang diusung masih cukup lama. Karena masih ada beberapa proses yang harus mereka laksanakan secara berjenjang, termasuk survey pasangan calon, termasuk di Kabupaten RL. Bahkan jadwal yang disusun untuk pengumuman yaitu 1-3 September 2020 mendatang.

‘’Tapi yang jelas ada tiga yang diusulkan, dua calon bupati yaitu Fikri serta satu kader Golkar atas nama Herman Tohir. Sedangkan untuk pasangan yaitu Syamsul-Hendra. Dan ini sudah disampaikan provinsi ke DPP. Kalau untuk komunikasi kualisi diserahkan kepada calon, sebagai bahan pertimbangan nantinya,’’ demikian Yudi. (dtk) Prediksi Pasangan Calon Bupati dan Wabup Rejang Lebong Beserta Parpol Pengusung   Faisal-Fatrol (FF) -PKB (2 kursi) sudah keluar SK -Demokrat (4 kursi) -Hanura (2 kursi) -Gerindra (2 kursi) Total perkiraan kursi pengusung 10 kursi   Fikri-Samuji (FS) -PAN (2 kursi) -Perindo (4 kursi) -PDI Perjuangan (4 kursi) Total perkiraan kursi pengusung 10 kursi   Susilawati-Ruswan (SR) -Partai Nasdem (3 kursi) -Golkar (5 kursi)   Calon Perseorangan Syamsul-Hendra PKS sudah menyatakan mendukung pasangan SAHE   Opsi lain tanpa calon perseorangan   Faisal-Fatrol (FF) -PKB (2 kursi) sudah keluar SK -Demokrat (4 kursi) -Hanura (2 kursi) Total perkiraan kursi pengusung 8 kursi   Fikri-Samuji (FS) -PAN (2 kursi) sudah keluar -PDI Perjuangan (4 kursi) Total perkiraan kursi pengusung 6 kursi   Susilawati-Ruswan (SR) -Partai Nasdem (3 kursi) -Gerindra (2 kursi) -Perindo (4 kursi) Total kursi pengusung 9 kursi   Syamsul-Hendra -Golkar (5 kursi) -PKS (2 Kursi) Total kursi Pengusung 7 kursi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: