HONDA

Mendagri Restui  Mutasi, Diawali Eselon II

Mendagri Restui  Mutasi, Diawali Eselon II

BENGKULU – Pemprov Bengkulu mendapat izin dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Komite Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk menggelar mutasi dalam rangka pengisian kekosongan jabatan. Mutasi akan diawali dengan pengisian kekosongan jabatan eselon II di lingkungan Pemprov Bengkulu melalui lelang terbuka.

Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah, MMA mengatakan untuk pengisian kekosongan jabatan eselon 2 di lingkungan Pemprov Bengkulu melalui seleksi terbuka. Peserta seleksi tidak hanya berasal dari ASN di lingkungan Pemprov Bengkulu saja, melainkan juga bisa ASN di pemkab/pemkot se Provinsi Bengkulu.

“Kalau izin sudah ada dari Kemendagri dan KASN, akan kita segera proses untuk pengisian eselon II yang sekarang ini diisi oleh plt. Pengisiannya tetap dengan cara seleksi terbuka, sesuai dengan aturan,” ujar Rohidin.

Pengisian jabatan kosong ini perlu dilakukan segera, terang Rohidin, juga sesuai saran dari mendagri. Karena apabila terlalu banyak kepala dinas atau eselon 2 dijabat oleh seorang Pelaksana Tugas (plt) dikhawatirkan produktivitas kerja kurang bagus, dan dikusi keputusan juga terhambat. “Karena diisi dengan seleksi terbuka, maka akan dibentuk timsel. Timsel inilah nanti yang akan melakukan proses perekrutan,” jelas Rohidin.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu Diah Irianti, M.Si saat dikonfirmasi membenarkan izin untuk mutasi eselon II sudah turun dari kemendagri dan  KASN. Untuk proses seleksi terbuka, masih menunggu instruksi lebih lanjut dari pimpinan termasuk pembentukan timsel. “Iya benar izin sudah turun, tapi untuk proses seleksi terbuka kita masih menunggu petunjuk lebih lanjut,” kata Diah.

Diah menambahkan saat ini ada 6 jabatan kosong diisi oleh pelaksana tugas karena ditinggal pensiun dan memasuki masa pensiun, yaitu Asisten 1 Setdaprov, Sekretaris Dewan, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Nakeswan), Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP).

Serta dua jabatan masih diisi pejabat definitif, namun tak lama lagi bakal kosong karena ditinggal pejabat lama memasuki masa pensiun, yaitu Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Nakertrans) dan Staf Ahli. “Rencananya ada 8 yang akan diisi, termasuk jabatan yang akan kosong karena tak lama lagi akan ditinggal pensiun dalam waktu dekat ini, tahun ini juga,” demikian Diah. (key)

Jabatan Eselon Bakal Dilelang

 Asisten 1 Setdaprov

Sekretaris DPRD

Kadis Dikbud

Kadis Peternakan dan Keswan

Kadis PMPTSP Kadis Perindag

Staf Ahli

Kadis Nakertrans

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: