HONDA

48 Pelamar Berebut 12 Kuota Akmil, Akan Diseleksi Lagi di Kodam

48 Pelamar Berebut 12 Kuota Akmil, Akan Diseleksi Lagi di Kodam

BENGKULU – Tes seleksi penerimaan taruna Akademi Militer (Akmil) di Provinsi Bengkulu dimulai. Ada 48 pelamar yang akan mengikuti tahapan seleksi, 6-7 Juli. Meliputi pemeriksaan berkas administrasi, pemeriksaan kesehatan terbatas, postur dan tes kesegaran jasmani di Stadion Sawah Lebar, Bengkulu.

Danrem 041/Gamas Bengkulu Brigjen TNI Yanuar Adil, mengatakan seleksi penerimaan taruna Akmil tidak dipungut biaya. Untuk memastikan proses seleksi jujur dan bersih, serta transparan jauh dari kecurangan, maka pihaknya akan membentuk tim intel seleksi yang akan memantau proses seleksi penerimaan di Provinsi Bengkulu selaku sub panitia daerah penerimaan taruna akmil.

“Tim intel ini akan mengawasi seleksi yang akan dimulai 6-7 Juli ini. Memastikan tidak ada kecurangan selama proses seleksi. Ingat dalam penerimaan taruna Akmil ini tidak dipungut biaya,” kata Yanuar.

Menjelang pelaksanaan seleksi, sub panitia daerah memanggil pelamar dan orangtua calon taruna Akmil untuk mengikuti pengarahan langsung dari Danrem Yanuar Adil, Jumat (3/7) di Balai Prajurit. Dalam pengarahannya, Danrem mengingatkan kepada orangtua untuk jangan percaya dengan oknum yang mengaku bisa meluluskan. Karena kelulusan ditentukan oleh kemampuan dan kualitas calon taruna itu sendiri.

       “Selama proses seleksi, baik panitia maupun calon taruna akan diawasi tim intel. Selain mengawasi proses seleksi, tim intel juga akan mengawasi setiap laporan,” sambung Yanuar.

Ditambahkan Kaurminpers Ajenrem 041 Gamas Kapten Caj Bahirullah, S,Sos, MM, setelah pengarahan kepada orangtua dan calon taruna Akmil tahun ajaran 2020, kemarin selanjutnya 48 calon akmil yang sudah mendaftar ulang akan mengikuti seleksi selanjutnya pada 6-7 Juli mendatang. Yaitu, pemeriksaan berkas administrasi, pemeriksaan kesehatan terbatas, postur dan tes kesegaran jasmani.

“Untuk kuota yang akan dikirim ke panda Palembang sebanyak 12 orang. Kita sub panda sebatas menyeleksi untuk kuota ke Palembang, dan 12 orang ini kembali akan mengikuti tahapan seleksi di Kodam II/Sriwijaya Palembang,” tukas Bahirullah.

Dari 48 pelamar di Provinsi Bengkulu ini, 12 diantaranya kembali akan mengikuti tahapan seleksi di Kodam II/Sriwijaya Palembang, Namun tidak menutup kemungkinan bisa dikirim lebih jika calon peserta dari Bengkulu memiliki nilai lebih bagus dibandingkan peserta dari daerah lain. (key)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: