HONDA

Pemkot Segera Pasang Smart PJU dan Crowd Thermal di Tempat Keramaian

Pemkot Segera Pasang Smart PJU dan Crowd Thermal di Tempat Keramaian

BENGKULU - Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu bekerja sama dengan salah satu provider seluler berencana akan melakukan pemasangan  alat sensor suhu tubuh sekaligus pendeteksi penggunaan masker yang dinamakan Crowd Thermal serta pemasangan alat smart PJU. Alat ini mampu mengontrol lampu jalan, melakukan penghematan energi serta memonitor titik lampu jalan yang mati atau rusak hanya dari layar monitor atau ponsel.

Walikota Bengkulu, H. Helmi Hasan, SE mengatakan, penggunaan kedua alat tersebut cocok diterapkan di Kota Bengkulu. Nantinya alat tersebut akan dipasang di titik-titik keramaian yang ada di Kota Bengkulu, terutama crowd thermal nantinya akan dipasang di rumah sakit, hotel serta pasar yang ada di Kota Bengkulu.

"Segera kita terapkan, sekarang kita tes dulu dengan RSHD Kota, satu hotel nanti serta pasar dan mall, sehingga ini bisa meminimalisir pencegahan Covid-19. Jadi nanti bisa terdeteksi oleh alat crowd thermal jika ada pengunjung salah satu tempat itu suhu badannya tinggi tidak, maka tidak diperbolehkan untuk berkunjung," ungkap Helmi, Selasa (4/8).

Sementara itu, untuk penggunaan Smart PJU walikota menilai alat ini dapat membantu kinerja Pemerintah Kota.

"Smart PJU ini berawal karena banyaknya keluhan lampu jalan yang mati, dengan adanya alat ini kita bisa mengontrol dan mengecek lampu jalan. Dari alat ini dapat menonitor dimana posisi lampu yang hidup atau mati, dan lampu juga bisa dinyalakan dari jarak jauh. Dengan alat ini petugas kita bisa memonitor dan turun dengan cepat tanpa perlu menerima keluhan dulu dari masyarakat," tambah Helmi.

Pemerintah Kota berencana memasang kedua alat tersebut tersebar di Kota Bengkulu. Untuk Crowd Thermal difokuskan di titik keramaian serta untuk Smart PJU akan dipasang di setiap sudut jalan di Kota Bengkulu. (tok/prw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: