HONDA

Hasil Uji Swab, Siap Dipertanggungjawabkan, Herwan: Sesuai Petunjuk Kemenkes

Hasil Uji Swab, Siap Dipertanggungjawabkan, Herwan: Sesuai Petunjuk Kemenkes

BENGKULU - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu Herwan Antoni mengatakan hasil sampel pemeriksaan uji swab di laboratorium RSMY dapat dipertanggungjawabkan. Alat yang terdapat di laboratorium sudah diuji mutunya, baik itu diuji mutu internal maupun eksternal dengan setiap 1 bulan sekali mengirim 1 sampel untuk diuji.

Tak hanya itu setiap proses pemeriksaan terlebih dulu dilakukan uji mutu terlebih dulu oleh tim mengikuti SOP yang sudah ada. Bahkan menurut Herwan, hasil pemeriksaan di laboratorium pemeriksaan sampel di RSMY lebih dapat dipertanggungjawabkan karena itu merupakan laboratorium rujukan Kementerian Kesehatan dan di bawah langsung Lablitbangkes.

“Iya silakan kita tidak membandingkan hasil rumah sakit lain. Insya Allah yang kita, kita pertanggungjawabkan mulai dari pengambilan, penyimpanan dan proses pemeriksaan Insya Allah kita sesuai dengan apa yang menjadi petunjuk menteri kesehatan,” tukasnya.

Sementara itu, Tim Kuasa Hukum Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu mewakili Walikota Bengkulu H. Helmi Hasan, meminta Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu diusut secara hukum. Menurutnya informasi yang beredar menyatakan H. Helmi Hasan positif berdasarkan hasil tes swab yang dilakukan di laboratium reaksi berantai polimerase (PCR) di Laboratorium Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi Bengkulu tidak benar.

Pernyataan itu tidak benar dibuktikan dengan Helmi Hasan saat ini dalam keadaan sehat walafiat dan aktivitas Pemerintahan Kota Bengkulu berjalan sebagai semestinya. Walikota Bengkulu H. Helmi Hasan telah melakukan pemeriksaan ulang swab Nasofaring & Orofaring di Mayapada Hospital Jakarta, dan telah diterbitkan laporan hasil laboratorium tanggal 1 September 2020 menyatakan Walikota Bengkulu, H. Helmi Hasan dinyatakan negatif Covid-19.

Sementara itu, Walikota Bengkulu, H. Helmi Hasan meminta masyarakat tidak perlu panik dan tetap menjalankan aktivitas sehari-hari. “Tetap berikhtiar menjalankan protokol Covid-19. Mencuci tangan dan menggunakan masker serta berdoa agar pandemi Covid-19 ini dapat segera berakhir dan kita semua dilindungi Allah SWT,” ujarnya. (key/rls)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: