HONDA

Sempat Tertunda, Dermaga Kahyapu Enggano Dibangun Tahun Depan

Sempat Tertunda, Dermaga Kahyapu Enggano Dibangun Tahun Depan

BENGKULU - Sempat tertunda lantaran adanya wabah Covid-19, pembangunan dermaga di Pulau Enggano Kabupaten Bengkulu Utara yang berada di kawasan Desa Kahyapu akan dilaksanakan tahun depan. Bahkan bila terealisasi pada tahun depan, pembangunan dermaga rencananya ditingkatkan.

Hal ini seperti disampaikan Kadis Perhubungan Provinsi Bengkulu, Drs. Darpinuddin. Menurutnya, kalau bukan karena bencana nasional pandemi Covid-19, tahun ini pembangunan Dermaga Kahyapu yang anggarannya sekitar Rp 6,6 miliar bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sudah terealisasi. "Akhirnya ditunda, yang penundaannya dilakukan Kementerian Perhubungan (Kemenhub)," kata Darpinudin, Rabu (18/11).

Penundaan tersebut berdasarkan Surat Edaran (SE) No S-247/MK.07/2020 yang dikeluarkan Menteri Keuangan (Mekeu) RI. Diungkapkannya, tahun depan Kemenhub mengagendakan bakal merealisasikan pembangunan dermaga yang terletak di Pulau Enggano, yang merupakan salah satu pulau terdepan di Indonesia.

Dijelaskannya, jika saat ini Kemenhub telah menurunkan tim untuk kembali menyusun Detail Engineering Design (DED) dermaga, karena rencananya dalam pembangunan itu kondisi dermaga bakal ditingkatkan. "Kalau DED awalnya, kapal 1.000 GT yang bisa bersandar di Dermaga Kahyapu. Tapi DED baru ini kapal 2.000 GT sudah bisa bersandar," demikian Darpin. (zie)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: