HONDA

Jadikan Pahlawan Laut Aru Sebagai Suri Tauladan

Jadikan Pahlawan Laut Aru Sebagai Suri Tauladan

BENGKULU - Pada Jumat (15/1) pagi, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Bengkulu, Letkol Laut (P) Yudi Ardian menjadi inspektur upacara peringatan Hari Dharma Samudera Tahun 2021. Upacara dilaksanakan di Kapal Angkatan Laut Pulau Mego.

Upacara diikuti personel militer maupun Pegawai Negeri Sipil (PNS) jajaran Lanal Bengkulu. Dalam amanatnya, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal). Laksamana TNI. Yudo Margono yang dibacakan Danlanal Bengkulu mengatakan, upacara yang diselenggarakan setiap tahun ini dalam rangka memperingati peristiwa heroik yang terjadi di perairan Laut Aru 59 tahun silam.

"Dimana telah terjadi pertempuran yang melibatkan kapal perang Republik Indonesia yaitu RI Macan Tutul, RI Harimau dan RI Macan Kumbang dengan kapal perang Kerajaan Belanda yang mengakibatkan gugurnya Komodor Yos Sudarso sebagai kusuma bangsa," kata Danlanal Yudi.

Dia menyampaikan bahwa sebagai generasi penerus bangsa serta sebagai prajurit matra laut pengawal samudera, sikap ksatria dan rela berkorban yang ditunjukkan para Pahlawan Laut Aru sudah seharusnya dapat dijadikan contoh dan suri tauladan.

Nilai-nilai luhur yang telah diwariskan antara lain semangat pengabdian yang tulus, ikhlas, pantang menyerah dan rela berkorban demi menjaga harkat dan martabat bangsa yang dilandasi keberanian. "Jiwa ksatria sebagai prajurit matra laut sejati," pungkasnya. (zie)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: