HONDA

Kehilangan Arah Sampai Habis BBM, Tiga Nelayan Hilang Kontak Pulang Selamat

Kehilangan Arah Sampai Habis BBM, Tiga Nelayan Hilang Kontak Pulang Selamat

SELUMA - Tiga nelayan Desa Pasar Seluma, Kecamatan Seluma Selatan yang sempat dinyatakan hilang kontak pulang dengan selamat pada Selasa malam (16/3) sekitar pukul 22.30 WIB. Ketiganya kehilangan arah saat hujan deras sehingga kehabisan Bahan Bakar Minyak (BBM) di sekiatar 5 mil dari bibir pantai.

Ketiga nelayan tersebut yakni Feri (19), Dani (28), Medi (26) berangkat melaut pada Senin (15/03) sekitar pukul 15.00 WIB yang seharusnya pulang Selasa (16/3) pukul 08.00 WIB atau pukul 09.00 WIB hingga siang juga belum pulang. Sehingga membuat keluarga khawatir lalu mulai melakukan pencarian.

"Berangkat Senin sore sekitar jam 3, mulai masang jaring sekitar setengah 6, kami tidak bawa peralatan apapun untuk menunjuk arah, kalau cuaca tidak berubah biasanya tidak sampai kehilangan arah," kata Feri salah satu nelayan yang hilang kontak.

Ia mejelaskan, mereka kehilangan arah sekitar pukul 08.00 WIB Selasa (16/3) saat bersiap hendak pulang namun karena hujan arah daratan tidak terlihat, hingga mereka bertiga mencoba menerka arah namun tidak sampai ke daratan malah menjauh dari daratan, sampai kehabisan BBM pada sekiatar 5 mil dari bibir pantai.

"Sebelum kehabisan BBM sempat mutar-mutar dikira darat malah makin jauh dan kehabisan BBM," terangnya.

Lanjutnya, sekitar pukul 11.00 WIB bertemu kapal pancing yang diketahui dari Bengkulu, lalu mereka membantu dengan memberikan BBM sebanyak 15 liter. Namun tidak juga sampai ke darat. "Saat kehabisan bensin kami mulai bingung, tetapi kami mencoba mengayuh menggunakan dayung hingga Alhamdulillah bertemu kapal pancing yang membantu, mereka sempat menawarkan makan," sampainya.

Sementara itu, personil TNI AD Koramil 04 SAM bersama warga yang ikut mencari terdiri dari tiga kapal yang ke arah laut Manna, kearah Bengkulu dan arah laut Seluma. Tim yang kearah Bengkulu Selatan melihat lampu.

"Kita bertemu dijalan saat pulang dari laut Manna, kondisi mereka sudah lemas, dan pasrah ditengah laut," beber Serda Nopiryadi Koramil 04 SAM. (juu)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: