BANNER KPU
HONDA

Kapal Tongkang Terdampar, 11 ABK Selamat

Kapal Tongkang Terdampar, 11 ABK Selamat

   

SELUMA - Kapal tongkang TB Anugerah dan Sentosa Jaya terdampar di Pantai Pasar Seluma Desa Pasar Seluma Kecamatan Seluma Selatan, Kamis (1/4) pagi. Kapal berisi 11 Anak Buah Kapal (ABK) dengan tujuan Pelabuhan Teluk Bayur Provinsi Sumatera Barat terdampar karena mesin mati saat belayar setelah membongkar muatan di Pelabuhan Pulau Baai.

Dari pantauan RB, satu persatu ABK kapal penarik dievakuasi warga bersama sejumlah barang berharga lainnya, dengan cara bergiliran turun menyusuri tali tambang yang telah dikaitkan ke pohon yang berada di tepi pantai.

Kapten kapal penarik Raja Andri Maizal (55) mengatakan kapal bertolak dari Pulau Baai Bengkulu hendak ke Teluk Bayur, Padang Sumatera Barat. Namun ditengah perjalanan ombak besar dan membuat tali tongkang terlilit sehingga menyebabkan mesin mati secara otomatis.

"Sekitar pukul 00.00 WIB mesin kapal mati sementara saat itu sedang terjadi badai dan kapal sempat oleng sebelum akhirnya terdampar di pesisir pantai. Berjarak sekitar 5 meter dari bibir pantai," kata Raja.

Sementara itu, Kakansar Bengkulu, Abdul Malik mengatakan bahwa kejadian terletak pada koordinat : (4° 9'17.52"S -102°31'59.61"E ) atau 146.20°/36.72 KM Garis Lurus dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Bengkulu.

"Tim Rescue KPP Bengkulu yang tiba di lokasi kapal TB Anugrah langsung mengevakuasi ABK bersama nelayan. Dengan cara tali kapal TB Anugrah 12 di lemparkan ke arah pantai dan ditarik bersama dengan nelayan dikarenakan Rubber Boat tidak bisa menjangkau karena air terlampau surut," terang Abdul Malik.

Saat ini awak kapal sudah dibawa ke rumah Kepala Desa Pasar Seluma dan direncanakan akan dijemput oleh agen kapal (PT. SARANA SUKSES MARITIM ). Sementara untuk kapal TB Anugrah 12 akan ditarik oleh Kapal TB Arabica. (juu)

Berikut Nama Penumpang Kapal yang Dievakuasi

1. Raja Andri Maizal Laki-laki - 58 Tahun - Nahkoda Kapal 2. Sumarno Laki-laki - 56 Tahun - Mualim I 3. Agung Rizaldi (Laki-laki - 23 Tahun - Mualim II 4. Rudi Eko Saputra Laki-laki – 37 Tahun – KKM 5. Dwiki Tris Martono Laki-laki – 25 Tahun – Masinis II 6. Regi Ultabar Laki-laki – 28 Tahun – Masinis III 7. Sutrisno (Laki-laki – 26 Tahun – Ratings 8. Yendrizal Laki-laki – 31 Tahun – Ratings 9. Ekris Pauzal Laki-laki – 20 Tahun – Ratings 10. Rahmad Iqbal Saputra Laki-laki – 27 Tahun – Ratings 11. Syafari Ramadhan Laki-laki – 21 Tahun – Ratings

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: