HONDA

Jelang Ramadan Harga Daging Naik, Sayuran Turun

Jelang Ramadan Harga Daging Naik, Sayuran Turun

   

BENGKULU- Menjelang bulan Ramadan harga sejumlah kebutuhan pokok berangsur naik. Namun sebaliknya, untuk harga sayuran di pasar dalam wilayah Kota Bengkulu menurun. Seperti harga cabai sebelumnya mencapai Rp 70 ribu perkilogram turun dengan kisaran harga Rp 35 ribu-Rp 45 ribu.

M Amin (51) pedagang di Pasar Panorama Kota Bengkulu menerangkan, tidak hanya harga cabai yang mengalami penurunan cukup signifikan, tapi sejumlah sayuran lainnya juga sama. Seperti harga kol turun dari harga Rp 6 ribu jadi Rp 3 ribu turun nya hampir 50% , cabai rawit Rp 45 ribu, cabai merah Rp 40 ribu dari harga Rp 70 ribu, tapi untuk cabai setan Rp 90 ribu per kg. “Turun 50% harga sayuran sekarang,” kata Amin, Minggu (11/4).

Selain itu, penurunan harga juga terjadi pada sayuran jenis selada dan wortel. Untuk harga selada dan wortel saat ini dijual Rp 5 ribu per kg. Sebelumnya, harga selada dan wortel itu dijual Rp 8 ribu per kg. “Biasanya menjelang bulan suci Ramadan harga sayuran naik, tapi dari awal bulan Maret 2021 ini turun sampai saat ini,” terang Amin.

Sebaliknya, harga ayam broiler menjelang Ramadan naik cukup tinggi, hampir 50 persen dengan harga kisaran Rp 40 ribu dari Rp 25 ribu per kilogram. Begitupun dengan harga daging sapi dari Rp 120 ribu naik Rp 130 ribu. Lalu kenaikan juga terjadi pada harga gula dari Rp 11 ribu perkilogram menjadi Rp 12.500 dan minyak goreng dari Rp 26 ribu untuk 2 kilogram naik menjadi Rp 28 ribu.

Diakui pedagang ayam Linda, kenaikan harga ayam sudah terjadi sejak awal bulan Maret 2021. “Sehari naik Rp 500 - Rp 1000, seminggu menjelang bulan puasa menjadi Rp 40 ribu per kg,” jelas Linda. (cw1)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: