HONDA

Capaian Vaksinasi Covid-19 Lansia di Kota Bengkulu Masih Rendah

Capaian Vaksinasi Covid-19 Lansia di Kota Bengkulu Masih Rendah

 

BENGKULU – Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kota Bengkulu masih terus digeber. Setelah vaksinasi tahap 1 untuk sasaran Tenaga Kesehatan (Nakes) di Kota Bengkulu, saat ini sudah memasuki vaksinasi tahap 2 dengan sasaran petugas pelayanan publik dan Lanjut Usia (lansia). Untuk capaian vaksinasi lansia sendiri di Kota Bengkulu masih rendah.

"Kita melaksanakan vaksin bertahap. Ketika vaksin datang dan tujuannya untuk pelayanan publik ya kita laksanakan untuk pelayanan publik, termasuk lansia," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bengkulu Susilawati.

Untuk sasaran tahap I yaitu yang diperuntukan bagi tenaga kesehatan di Kota Bengkulu, diakui Susilawati sudah mencapai 100 persen. Begitupun dengan sasaran petugas pelayanan publik termasuk TNI/Polri dan ASN yang ada di Kota Bengkulu. Sementara untuk sasaran vaksinasi lansia baru 35 persen dari target sasaran 10 ribu lansia di Kota Bengkulu.

“Kita mohon kepada media untuk mensosialisasikan vaksin. Bahwa saat ini kita sudah punya 33 fasilitas kesehatan yang bisa melakukan vaksinasi. Yaitu, 9 rumah sakit, 4 klinik, dan 20 puskesmas. Biaya nya gratis," jelas Susilawati.

Lebih lanjut Susilawati menerangkan, untuk syarat mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 warga cukup membawa KTP, lalu dalam kondisi keadaan sehat dan terlebih dulu harus mengikuti screening (dicek kesehatan). Jika dinyatakan lolos screening maka akan langsung mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 dari petugas.

“Kita melayani vaksinasi mulai dari hari Senin hingga Kamis, buka pukul 11.00 WIB kebawah. Dan untuk saat ini stok vaksin masih aman dan cukup. Kita pastikan vaksin tidak ada yang kadaluarsa," pungkas Susilawati. (cw1)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: