HONDA

Hilal Tak Terlihat di Bengkulu, 1 Syawal Ditetapkan Kamis 13 Mei

Hilal Tak Terlihat di Bengkulu, 1 Syawal Ditetapkan Kamis 13 Mei

 

BENGKULU - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Bengkulu bersama Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dan pihak undangan lainnya melakukan pemantauan hilal 1 Syawal 1442 hijriah. Bertempat di Mess Pemda Provinsi Bengkulu, Selasa sore (11/5). Hasilnya, hilal tidak terlihat.

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu yang hadir langsung dalam pemantauan hilal tadi sore, Zahdi Taher mengatakan, dari hasil pemantauan hilal yang dilakukan bahwa hilal 1 Syawal 1442 Hijriah dari Bengkulu belum terlihat. Begitupun dengan sejumlah provinsi yang ikut melaksanakan rukyatul hilal.

"Hasil pantauan tadi bahwa hilal sama sekali belum terlihat. Jadi karena belum terlihat maka 1 Syawal akan jatuh pada tanggal 13 Mei 2021 yakni hari Kamis esok," kata Zahdi.

Dari hasil pemantauan ini lalu dilaporkan ke Kemenag RI sebagai pedoman saat melakukan sidang isbat 1 Syawal 1442 Hijriah. Dari sidang isbat di Kemenag RI memutuskan bahwa 1 Syawal atau Hari Raya Idul Fitri pada tahun ini jatuh pada hari Kamis 13 Mei 2021. "Besok masih puasa, karenan hilal belum terlihat," tutupnya. (tok)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: