HONDA

343.349 KIA Dicetak, Capaian KIA di Bengkulu di Atas Nasional

343.349 KIA Dicetak, Capaian KIA di Bengkulu di Atas Nasional

BENGKULU - Kepala Dinas Dukcapil Provinsi Bengkulu, M. Ikhwan, SH, MH mengungkapkan permohonan pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) hingga akhir Mei ini melebihi target nasional. Untuk target nasional pencetakan KIA sebesar 30 persen, sementara di Provinsi Bengkulu sudah diangka 62,1 persen atau 343.349 KIA yang sudah dicetak.

"Target nasional untuk kartu identitas anak itu di 2021, 30 persen. Saya minta teman-teman untuk bisa mencapai untuk target nasional ini. Bahkan kita menargetkan diantara 60-75 persen," kata Ikhwan.

Dijelaskannya, untuk kabupaten yang paling banyak cetakan KIA nya ada di Kabupaten Seluma, dengan 63.251 kartu. Disusul Kabupaten Bengkulu Utara dengan 44.778 kartu. Kota Bengkulu, dengan 43.584 kartu.

"Makanya untuk tahun ini juga kak KIA sebagai salah satu syarat untuk masuk sekolah. Jadi ini untuk mengejar agar capaiannya, memang lebih tinggi. Dan kita sudah mencapai angka di atas target nasional itu," imbuhnya.

Kemudian, ia menjelaskan KIA ini memiliki fungsi yang serupa dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Sehingga dengan KIA anak bisa membuka rekening bagi anak anak.

"Ke depannya, kita berharap nanti kabupaten kota bisa bekerja ya, untuk meningkatkan transaksi digital. Misalnya dengan toko-toko buku, tempat bermain, tempat wisata. Dengan kerja sama itu bisa saja ada diskon Karena sudah bekerja sama KIA," papar Ikhwan.

Juga KIA menjadi salah satu syarat untuk kelengkapan administrasi pendaftaran sekolah. Apalagi memasuki pertengahan tahun ini, dibarengi dengan pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), khususnya untuk siswa didik tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Dasar (SD). Hal ini menjadi salah satu faktor meningkatnya permohonan KIA meningkat.

"KIA itu adalah identitas kependudukan, dan nanti semuanya itu harus punya. Karena ini fungsinya sama sebagai KTP kita," imbuhnya.

Namun bila ada yang mengajukan permohonan pembuatan KIA untuk anak di bawah 5 tahun akan segera diproses oleh Dukcapil Kota Bengkulu. Mengingat KIA ini lebih mudah dan praktis digunakan saat bepergian dengan transportasi umum. Misalnya Bandara pesawat terbang.

"Harapan kita, bagi yang belum memiliki KIA yang segera buat ya. Dan stok blangko KIA ini jumlahnya fakultatif di tiap daerah. 110.581 ya," ungkapnya. (war)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: