HONDA

Bupati Panen Perdana Kurma Masjid Agung di Lebong

Bupati Panen Perdana Kurma Masjid Agung di Lebong

TUBEI - Ditunggu 7 tahun lamanya, pohon kurma yang ditanam Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong di halaman Masjid Agung Sultan Abdullah akhirnya berbuah juga, (11/6).

Buah perdananya dipanen langsung Bupati Lebong, Kopli Ansori bersama pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) usai menunaikan salat jumat. BACA JUGA: Masya Allah, Kurma di Masjid Agung Lebong Panen

''Alhamdulillah, tanaman asli Timur Tengah ini bisa tumbuh dan berbuah di sini (Lebong, red). Artinya budidaya kurma menjadi salah satu peluang usaha yang dapat dikembangkan oleh masyarakat Lebong,'' kata bupati.

Di sisi lain, Bupati juga mengimbau Dinas Pertanian dan Perikanan (Disperkan) melakukan inovasi dalam pengembangan komoditi pertanian yang cocok dibudidayakan di Kabupaten Lebong. Soalnya tidak semua kurma yang ditanam di sejumlah daerah di tanah air bisa berbuah. BACA JUGA: Selain Kurma Nabi Muhammad SAW Menyukai Buah Ini

''Ini artinya Lebong punya potensi alam yang belum tentu dimiliki daerah lain. Potensi inilah yang harus dimanfaatkan dengan maksimal demi kesejahteraan masyarakat,'' tutur bupati.

Di sisi lain, ia juga mengimbau masyarakat memanfaatkan pekarangan rumah dengan tanaman bermanfaat. Baik sayuran, buah atau tanaman obat. Selain bernilai ekonomis, pemanfaatan pekarangan dengan tanaman bermanfaat juga bisa meningkatkan ketahanan pangan Kabupaten Lebong.

''Kuncinya tinggal kemauan dari masyarakat itu sendiri. Kalau tidak ada kemauan, apapun masukan yang diberikan tidak akan bermanfaat,'' demikian bupati. BACA JUGA: Jalan Lintas Ketahun – Napal Putih Ambles di Bengkulu Utara

Pantauan rakyatbengkulu.com, dari lima pohon kurma yang dipanen itu didapati buah seberat lebih kurang 10 kilogram. Buahnya dinikmati bersama-sama dengan masyarakat yang menyaksikan jalannya panen. (sca)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: