HONDA

Rp 3,5 Miliar Insentif Nakes di Kota Bengkulu Cair Bulan Ini

Rp 3,5 Miliar Insentif Nakes di Kota Bengkulu Cair Bulan Ini

BENGKULU – Insentif bagi tenaga kesehatan (Nakes) yang menangani Covid-19 di Kota Bengkulu bulan ini akan cair. Insentif yang dicairkan itu terhitung tiga bulan, yakni Oktober hingga Desember 2020. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bengkulu sudah menyiapkan Rp 3,5 miliar untuk keperluan tersebut. Kepala Dinkes Kota Bengkulu, Susilawaty mengatakan saat ini untuk pembayaran insentif nakes masih diproses. Bahkan, review Inspektorat terkait untuk pembayaran nakes juga telah diterima beberapa waktu lalu. Anggaran insentif nakes ini berasal dari APBD Kota Bengkulu dan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

“Masih dalam proses, mudah-mudahan bisa segera disalurkan dalam waktu dekat, untuk tiga bulan dari Oktober sampai Desember,”jelas Susilawaty.

Yang berhak menerima insentif nakes ini adalah para bidan, perawat dan dokter yang melakukan penanganan Covid-19. Adapun untuk besarannya sendiri berbeda-beda. Seperti untuk bidan dengan perawat itu besarannya Rp 2 juta per bulannya. Kemudian untuk tenaga kesehatan lainnya sebesar Rp 1,2 juta sedangkan untuk dokter Rp 3 juta perbulan. Para nakes yang menerima insentif ini ialah yang bertugas melakukan penanganan Covid-19 baik di Puskesmas maupun rumah sakit yang ada di Kota Bengkulu.

“Besaran insentif atau bonus untuk tenaga kesehatan berbeda-beda, segera dalam waktu dekat,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Komisi I DPRD Kota Bengkulu, Teuku Zulkarnain mendorong agar Pemkot Bengkulu bisa segera melakukan pembayaran terkait insentif nakes yang masih tertunda. Mengingat nakes merupakan ujung tombak dalam penanganan Covid-19. Oleh karena itu, supaya kinerja para nakes itu semakin baik maka sebaiknya insentif yang merupakan haknya bisa dilakukan pencairan. Pihaknya meminta jika memang ada kesulitan anggaran untuk membayarannya secara langsung maka sebaiknya dilakukan secara bertahap.

“Iya kita meminta agar bisa segera dicairkan, karena itu hak mereka yang sudah bekerja dalam membantu penanganan Covid-19,”tutupnya. (cup)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: