HONDA

Kanwil Kemenag Minta Hibah Lahan ke Pemprov untuk Pembangunan Asrama Haji Bengkulu

Kanwil Kemenag Minta Hibah Lahan ke Pemprov untuk Pembangunan Asrama Haji Bengkulu

 

BENGKULU - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi Bengkulu meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu untuk menghibahkan lahan disekitar kawasan Asrama Haji Provinsi Bengkulu. Hal tersebut terkait dengan pembangunan asrama haji pada tahun 2022 mendatang yang memang dalam pembangunan tersebut membutuhkan lahan yang lebih luas dari lahan yang dimiliki asrama haji saat ini.

"In sya Allah tahun 2022 akan ada pembangunan asrama haji. Masalahnya adalah tentu butuh dukungan pemprov terkait dengan lahan. Asrama haji itu membutuhkan lebih kurang lahan seluas 2 hektare, sementara sekarang kondisinya sangat berdempet antara gedung," kata Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu Zahdi Taher, Rabu (16/6).

"Jadi perlu dukungan Gubernur yang mana kami minta ada hibah lahan, karena dibelakang asrama haji saat ini masih memiliki lahan milik pemda yang dapat dimanfaatkan untuk pembagunan," sambung Zahdi.

Zahdi menambahkan, pada pembangunan asrama haji tahun 2022 mendatang pihaknya membutuhkan lahan lebih kurang 2 hektare terlepas dari lahan yang saat ini dimiliki asrama haji. Untuk persiapan anggaran pembangunan asrama haji tahun 2022 mendatang pihaknya mengusulkan anggaran sebesar Rp 30 Miliar.

"Kita sudah ada ploting anggaran dari pusat, kemarin kita usulkan Rp 30 Miliar. Tinggal berapa real dari usulan kita kita tunggu," jelasnya.

Lanjut Zahdi, nantinya setelah mendapatkan hibah untuk pembangunan asrama haji, Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu berencana akan membangun aula berkapasitas 4.000 pengunjung. Selain itu, akan dibangun mockup pesawat yang akan membawa calon jamaah haji sebagai fasilitas untuk mengedukasi calon jamaah haji tentang penerbangan.

"Selain itu juga akan dibangun studio mini sebagai fasilitas CJH untuk melakukan manasik di asrama haji serta juga akan dibangun lintasan Sai serupa aslinya yang nantinya dapat digunakan calon jamaah haji di asrama haji," tutupnya. (tok)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: