HONDA

584 Pengurus Rumah Ibadah di Bengkulu Selatan, Belum Terima Honor

584 Pengurus Rumah Ibadah di Bengkulu Selatan, Belum Terima Honor

 

KOTA MANNA – Tercatat 584 pengurus rumah ibadah di Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) hingga kemarin (18/6) belum menerima honor sejak bulan Januari lalu. Adapun anggaran untuk para honor seluruh pengurus ibadah ini yakni Rp 627 juta dari APBD Kabupaten BS.

Sedangkan untuk rinciannya, 563 pengurus yang bertugas di 141 masjid dan 20 pengurus bertugas di lima gereja. Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bengkulu Selatan merupakan yang bertugas untuk menyalurkan honor para pengurus rumah ibadah ini.

Ketua Baznas Bengkulu Selatan H. Mudin A Gumay melalui Pelaksana Satu Penerima Muzaki, Z Hadiar mengatakan, dana untuk para honor pengurus rumah ibadah itu berasal dari APBD Bengkulu Selatan Sub Bidang Hibah Sosial dan Keagamaan.

Setiap tahunnya, Pemda Bengkulu Selatan menghibahkan dana hingga miliaran rupiah untuk Baznas Bengkulu Selatan. Namun untuk tahun ini lantaran masih pandemi Covid-19 membuat pemerintah daerah melakukan kebijakan refocusing anggaran dan berdampak pada anggaran untuk pengurus rumah ibadah.

“Bukan tidak dibayarkan, hanya saja masih tertunda karena kondisi daerah saat ini. Pada pengurus rumah ibadah harap bersabar,” kata Hadiar.

Selain itu juga, dalam waktu dekat Hadiar menyebutkan Baznas akan melakukan pergantian pengurus. Sehingga untuk sementara kegiatan penyaluran bantuan sosial untuk masyarakat belum dapat diaksanakan dalam waktu dekat.

“Lagi masa transisi, mudah-mudahan awal September kegiatan sosial Baznas akan mulai dilakukan. Dan anggaran penyaluran bantuan sudah tersedia di Baznas,” pungkas Hadiar. (tek)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: