HONDA

Bosan Keluhkan Jalan Lintas Provinsi Rusak

Bosan Keluhkan Jalan Lintas Provinsi Rusak

 

KEPAHIANG – Warga dan pengendara yang melintas di jalan raya Desa Muara Langkap, Kecamatan Bermani Ilir mengaku sudah bosan mengeluhkan kondisi jalan provinsi di desa tersebut yang hingga saat ini rusak dan berlubang.

Hal itu dikarenakan sudah beberapa tahun ini warga mengaku menyampaikan keluhannya, baik kepada pemerintah kabupaten maupun pemerintah provinsi tentang kondisi jalan lintas provinsi yang rusak parah tersebut.

“Buat apa mengeluh, didengar juga tidak. Nanti kalau mau Pilkada lagi, baru datang ke sini memberikan janji-janji untuk memperbaiki jalan,” kata Ilham Junaidi (39), warga Desa Muara Langkap.

Jalan lintas provinsi tepatnya di Desa Muara Langkap sudah hampir satu dekade terakhir ini mengalami rusak parah. Khususnya jalur mulai dari jembatan Desa Muara Langkap hingga perbatasan Kecamatan Ulu Musi, Kabupaten Empat Lawang, Provinsi Sumatera Selatan, dimana jalan yang sempit tersebut tersebut nyaris tak menyisakan permukaan datar, dikarenakan rusak parah dengan lubang menganga di badan calan.

“Sudah hampir 3 tahun terakhir ini jalan ini tidak diperbaiki. Padahal sebelumnya ada pengerjaan pembangunan dan perbaikan jalan. Namun pembangunan hanya dilakukan di beberapa titik saja. Bahkan saat Pemprov membangun gerbang perbatasan, jalan ini sudah rusak namun tak juga diperbaiki,” ungkap Gun (37), warga Desa Muara Langkap.

Kondisi jalan yang semakin lama semakin rusak tersebut dikhawatirkan masyarakat sekitar akan berdampak pada kecelakaan lalu lintas. Pasalnya sudah sering terjadi kecelakaan lalu lintas dari kendaraan yang melintasi kawasan tersebut. Ditambah lagi dengan arus lalu lintas antar provinsi yang melintas di ruas jalan ini semakin padat.

“Jalannya sempit dan padat kendaraan, ditambah lagi berlubang. Sudah sering kendaraan yang melintas kawasan tersebut terpeleset dan jatuh, khususnya ketika hari hujan, jalan tersebut sangat rawan kecelakaan,” jelas Gun.

Hal serupa juga disampaikan Basri (30), warga lainnya yang mengeluhkan kondisi jalan yang semakin hari semakin rusak. Ia mengaku sudah sering melihat pengendara motor yang jatuh terpeleset ketika melintasi jalan tersebut. “Apalagi musim hujan, sering sekali pengendara yang jatuh. Khususnya pengendara yang dari arah Empat Lawang menuju Kepahiang. Jalannya selain sempit, menurun dan berlubang, juga sangat licin,” ungkapnya.

Untuk itu, Basri berharap kepada gubernur dan wakil gubernur untuk bisa memperhatikan Kabupaten Kepahiang khususnya jalan di Desa Muara Langkap, sesuai dengan janji kampanye yang telah disampaikan dulu. “Yang jelas kami berharap pemerintah bisa segera memperbaikinya. Saya pikir warga serta pengendara lainnya setuju, jika jalan ini diperbaiki karena akan mengurangi angka kecelakaan lalu lintas,” ujar Basri. (sly)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: