HONDA

Kemenangan Italia, Penelitian Profesor dari Spanyol Kembali Terbukti

Kemenangan Italia, Penelitian Profesor dari Spanyol Kembali Terbukti

RB ONLINE - Laga Semifinal euro 2020 Italia VS Spanyol yang dimenangkan Italia, meninggalkan banyak catatan untuk diulas. Salah satunya kemenangan pasukan Roberto Mancini itu, sekaligus sebagai pembuktian seorang ilmuwan asal Spanyol. BACA JUGA: Selangkah Lagi Italia!

Pakar ekonomi dari Brown University Profesor Ignacio Palacios-Huerta mengatakan, 60 persen tim penendang pertama akan menjadi pemenang dalam adu penalti.

Alasan Palacios-Huerta, tim penendang kedua akan memiliki beban psikologis yang lebih berat. Palacios-Huerta sendiri mengamati lebih kurang 110 tendangan penalti dalam penelitiannya.

Pada adu penalti, Italia yang menjadi tim penendang pertama tidak memulai aksinya dengan mulus. Tendangan Manuel Locatelli berhasil ditepis oleh kiper Spanyol Unai Simon.

Tetapi, Spanyol juga gagal sempurna di awal. Sepakan Dani Olmo justru melayang di atas mistar Gianluigi Donnarumma. Setelah itu, tendangan Andrea Belotti, Leonardo Bonucci, dan Federico Bernardeschi dari kubu Italia sukses menemui sasaran.

Begitu pula eksekusi pemain Spanyol Gerard Moreno dan Thiago Alcantara. Momen kekalahan Spanyol terjadi saat sepakan Morata ditepis Donnarumma.

“Semua orang menjadikan Italia tim favorit di sini. Tetapi kami mendemonstrasikan bahwa kami adalah tim yang superior,” ucap kapten Spanyol Sergio Busquets setelah pertandingan dikutip dari situs resmi UEFA.

Pemain Italia setuju. Spanyol memang tampil baik. “Spanyol membawa banyak masalah bagi kami hari ini. Penguasaan bola mereka luar biasa. Namun, saya kira kami berhak untuk bermain di final. Saya tidak ingin berbicara soal final hari ini. Saya ingin menikmati momen. Kami akan berpikir ketika tiba saatnya berpikir,” kata Donnarumma.

Dengan keberhasilan ini, Italia mencapai final Euro keempat dalam sejarah. Italia hanya kalah dari Jerman yang mampu menembus enam final. Tetapi, Italia hanya sekali juara yakni pada 1968.

Di final, Italia akan berhadapan melawan pemenang antara Inggris melawan Denmark. Final berlangsung di Wembley, 12 Juli dini hari WIB. (JPG/RBOnline)      

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: