HONDA

3.691 Pendaftar Rebutkan 37 Formasi, 2.340 Guru Daftar P3K, 7 Formasi Nihil Pendaftar

3.691 Pendaftar Rebutkan 37 Formasi, 2.340 Guru Daftar P3K, 7 Formasi Nihil Pendaftar

BENGKULU - Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu, Diah Irianti menuturkan hingga penutupan pendaftaran kemarin, jumlah pendaftar Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2021 mencapai 3.691 pendaftar. Ribuan peserta ini bakal bersaing untuk mendapatkan 37 formasi CPNS di lingkungan Pemprov Bengkulu.

"Itu baru 2.809 yang baru submit (mengirim,red) dan untuk sementara ada 170 peserta yang verifikasinya TMS (Tidak Memenuhi Syarat,red), 1.446 verifikasi MS (Memenuhi Syarat,red). Sisanya itu masih dilakukan verifikasi oleh verifikator ya," kata Diah.

Diakuinya, untuk CPNS Pemprov kali ini menyisakan kisah yang sama seperti pembukaan pendaftaran CPNS sebelumnya. Dimana untuk formasi dokter spesialis minim pendaftaran. Bahkan tahun ini baru dua pendaftar untuk sembilan formasi dokter spesialis itu.

"Ini disayangkan kan ya, masih ada tujuh dokter spesialis yang gak ada pendaftar nya. Jabatan ini Bengkulu memang butuh, namun tidak ada Pendaftar. Ini sudah yang kedua kalinya," jelas Diah.

Dari sembilan formasi dokter spesialis, baru dua terisi. Itu pun baru ada satu pendaftar, di masing-masing formasi. Yakni pada formasi dokter spesialis kulit dan kelamin, serta dokter spesialis urologi. Sedangkan, tujuh formasi dokter spesialis yang belum memiliki pelamar, diantaranya,dokter spesialis bedah torak & kardiovaskuler, dokter spesialis jantung, spesialis paru, spesialis rehabilitasi medik, spesialis syaraf, dan spesialis penyakit dalam.

Sedangkan pada CPNS 2019, ada enam formasi yang tidak memiliki peminat pada 2019 lalu. Yang lima diantara, masih tidak ada peminat hingga kemarin. Yakni untuk formasi Dokter Spesialis Bedah Torak dan Kardiovaskuler, Dokter Spesialis Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin, Dokter Spesialis Mata, Dokter Spesialis Paru, dan Dokter Spesialis Rehabilitasi Medik.

"Tentang ini kita akan laporkan ke gubernur. Bagaimana solusinya, karena memang kita butuh, tapi memang pelamar gak ada," ungkap Diah.

Berbeda dengan dokter spesialis, formasi Satpol PP menjadi primadona. Kepala Bidang Pemberhentian, Pengadaan, Informasi dan Kepegawaian (PPIK) BKD Provinsi Bengkulu, Rufran. Ia menjelaskan diformasi ini, kemarin ada 2.508 pendaftar, dimana 1.787 diantaranya sudah melakukan submit lamaran.

"Dari awal dibukanya kemarin, paling banyak dari 23 formasi yang disediakan oleh Pemprov Bengkulu. Itu ada 5 kuota," kata Rufran.

Sementara itu, pada Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja Guru (P3K) sudah ada 2. 340 pendaftar. Dengan 2.202 diantaranya telah melakukan submit kelengkapan administrasi berkas pendaftaran. Untuk diketahui, awal pembukaan pendaftaran kemarin memang sempat terjadi kendala. Yakni server pendaftaran mengalami down, sehingga banyak pendaftar yang sulit meng-upload file pendaftaran untuk seleksi P3K ini. Namun, saat ini personal itu sudah bisa ditangani, dimana telah dilakukan koordinasi dengan pemerintah pusat.

"Untuk P3K ada 542 formasi, yang tersebar di kabupaten untuk penempatan," tukas Rufran. (war)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: