HONDA

Surat Deklarasi Sehat Wajib Dibawa Peserta SKD, Swab Antigen berlaku 1×24 Jam

Surat Deklarasi Sehat Wajib Dibawa Peserta SKD, Swab Antigen berlaku 1×24 Jam

BENGKULU - Jadwal pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2021 ini. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu, Diah Irianti melalui Kepala Bidang Pemberhentian, Pengadaan, Informasi dan Kepegawaian (PPIK) BKD Provinsi Bengkulu, Rufran mengatakan terkait dengan pelaksanaan SKD pada 2 September nanti. Ada beberapa petunjuk berkenaan dengan peserta SKD nanti.

"Hari ini (kemarin,red) kan kita sedang rapat koordinasi dengan BKN pusat, melalui zoom. Yakni peserta wajib melakukan Swab antigen yang berlaku 1x24 jam. Didamping itu juga, dari surat edaran BKN bahwa peserta wajib mengisi formulir deklarasi sehat, 14 hari sebelum pelaksanaan," kata Rufran, saat dikonfirmasi oleh Rakyat Bengkulu, Rabu (25/8).

Ia menjelaskan formulir untuk surat deklarasi sehat ini nantinya disiapkan oleh BKN sebelumnya tanggal pelaksanaan tes. Sehingga, saat hari pelaksanaan tes tiba formulir itu akan diserahkan ke panitia seleksi yang ada di depan ruang ujian.

"Juga ada beberapa hal terkait dengan pelaksanaan itu, peserta wajib double masker, masker medis dan kain. Mejaga jarak saat pelaksanaan, serta di cek suhu dan ketentuan protokol kesehatan lainnya," imbuhnya.

Selain itu, berkenaan dengan waktu pelaksanaan SKD Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja Guru (P3K)  tahun 2021 Pemprov Bengkulu hingga kini masih menunggu hasil koordinasi dengan pihak BKN regional Palembang. Dimana jika mengacu pada edaran BKN pusat maka di daerah diprediksi dapat melaksanakan SKD pada 14 September nanti.

"Untuk pelaksanaan memang, sesuai surat edaran itu memang dimulai 2 September. Namun, untuk daerah terutama yang mandiri itukan dimulai pada 14 September, itupun bisa jadi mundur karena nantinya menunggu kesiapan dari daerah masing-masing. Jika tanggal 14 September siap ya kita laksanakan. Atau nanti, ada petunjuk lebih lanjut dari BKN regional Palembang, bisa jadi maju dari tanggal 14 September ini. Nanti jadwal tertulis kita masih menunggu," ungkap Rufran.

Untuk diketahui, hasil seleksi ini usai melakukan verifikasi dari tim seleksi CPNS Pemprov Bengkulu beberapa waktu lalu. Dari hasil verifikasi itu, didapati dari 3.232 pendaftar, 520 orang diantaranya dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS). Sementara sisanya, dinyatakan Memenuhi Syarat (MS). Rufran juga meminta agar para peserta rajin memantau informasi di

laman https://sscasn.bkn.go.id/ dan https://bkd.bengkuluprov.go.id agar mendapatkan informasi terbaru akan jadwal dan teknis untuk pelaksanaan seleksi SKD nanti.

"Kita koordinasikan juga nantinya kepada pihak UNIB selaku penyedia lokasi ujian. Juga kita berkoordinasi dengan UPT BKN," tukasnya.

Ditambahkan Kasi Pengadaan Pemberhentian dan Informasi Kepegawaian (PPIK) BKD Provinsi Bengkulu Sudibyo bahwa untuk pelaksanaan tes SKD ini tidak hanya di LPTIK Universitas Bengkulu. Thun ini ada ratusan peserta yang akan tes SKD diluar Provinsi Bengkulu. Pasalnya, mereka kebanyakan berdomisili diluar Bengkulu, sehingga memilih lokasi terdekat untuk tes CPNS Pemprov Bengkulu.

"Ada 293 orang yang memilih titik lokasi tes diluar lokasi yang kita tentukan. Ada 10 Kanreg diluar Bengkulu yang dipilih, ada yang di Jawa Timur,di Yogyakarta, untuk peserta kita nanti," paparnya. (war)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: