HONDA

Ekspor Komoditi Unggulan, Pemprov Bengkulu Gandeng Garuda

Ekspor Komoditi Unggulan, Pemprov Bengkulu Gandeng Garuda

 

BENGKULU - Guna mendukung progres ekspor dan impor komoditi unggulan daerah Bengkulu, Pemerintah Provinsi Bengkulu berencana akan mengandeng PT. Garuda Indonesia.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengatakan, saat ini kerjasama antara Pemprov Bengkulu dengan pihak maskapai Garuda Indonesia tengah dijajaki kedua belah pihak. Untuk memastikan terkait persyaratan penerbangan dan kelengkapan bea cukai.

"Jadi Garuda itu ada program untuk mensupport bagaimana ekspor itu bisa mengunakan armada Garuda untuk pengiriman logistik. Kita memang ada beberapa potensi komoditi yang bisa kita angkat untuk ekspor. Yakni di sektor perikanan, sarang burung walet dan kopi serta beberapa produk hortikultura," kata Rohidin.

Rohidin menerangkan, jalur ekspor sudah terbuka ke beberapa negara tetangga, namun saat ini pihaknya ingin memastikan persyaratan yang berkaitan dengan karantina produk yang akan dilakukan ekspor, serta juga terkait bea cukai.

"Kita ingin memastikan itu karena selama ini selalu saja produk dari Bengkulu ini belum melalui pintu Bengkulu langsung untuk melakukan ekspor. Jadi pihak Garuda menjamin kalau memang nanti secara volume sudah memenuhi syarat atau memenuhi kuota standarnya,itu bisa dilakukan langsung dari Provinsi Bengkulu," tambahnya.

Dalam waktu dekat, pihaknya akan memastikan hal tersebut bekerjasama dengan pihak Garuda Indonesia termasuk para pelaku ekspor yang ada di Provinsi Bengkulu.

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa diwujudkan. Ada beberapa jenis komoditas yang dimungkinkan dapat di ekspor karena permintaan pasarnya sudah ada dan produknya ada di Bengkulu. Tinggal kita memastikan dari ISO sertifikat, kualitas dan karantina pertanian," pungkas Rohidin.(tok)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"