HONDA

Pinjaman Perangkat Desa di Bengkulu Tengah Capai Rp 24,3 M

Pinjaman Perangkat Desa di Bengkulu Tengah Capai Rp 24,3 M

BENGKULU TENGAH - Bank Bengkulu Cabang Karang Tinggi mencatat hingga per Agustus 2021, total pinjaman perangkat desa ke Bank Bengkulu sudah mencapai Rp 24,3 miliar. Total uang sebesar Rp 24,3 miliar tersebut dikeluarkan Bank Bengkulu untuk pinjaman perangkat desa sebanyak 470 orang.

Kepala Cabang Bank Bengkulu Karang Tinggi, Herman Syafri, SE menjelaskan, perangkat desa yang disetujui pinjamannya itu ada di kantor Bank Bengkulu yang ada di Kabupaten Bengkulu Tengah. Yakni Bank Bengkulu Cabang Karang Tinggi, Bank Bengkulu Cabang Pembantu Taba Penanjung dan Bank Bengkulu Cabang Pembantu Pondok Kelapa.

Menurut Herman, perangkat desa yang meminjam uang ke Bank Bengkulu terus bertambah setiap bulan. Bagi perangkat desa yang ingin mengajukan pinjaman, syarat utamanya yakni pemerintah desa di mana perangkat desa bertugas sudah bekerja sama dengan Bank Bengkulu. Seperti dalam penyaluran gaji, pemdes bersangkutan sudah menyalurkan gaji perangkat desanya menggunakan Bank Bengkulu.

"Selain itu, syarat lainnya seperti SK perangkat desa, harus tamat SMA dan dilakukan pengecekan BI checking yang bersangkutan," jelasnya.

Ia menambahkan, untuk maksimal pinjaman perangkat desa sebesar Rp 75 juta. "Antusias perangkat desa lumayan tinggi dalam mengajukan pinjaman ke Bank Bengkulu beberapa bulan terakhir ini. Kita memberikan bunga yang rendah. Proses pencairan juga cepat dan persyaratan yang dibutuhkan tidak terlalu sulit,” pungkasnya.(jee)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: