BANNER KPU
HONDA

Peluang Tes Lulus PPPK Penyuluh 50 Persen

Peluang Tes Lulus PPPK Penyuluh 50 Persen

ARGA MAKMUR – Selain PPPK guru dan tes CPNS, Bengkulu Utara (BU) juga melaksanakan tes PPPK penyuluh pertanian. Peluang kelulusannya lebih besar lantaran hanya ada 37 peserta yang akan memperebutkan 18 formasi yang disiapkan.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BK-PSDM) BU, Drs. Setyo Budi Raharjo, M.Pd mengatakan pelaksanaan tes PPPK penyuluh dilakukan setelah tes CPNS. Tes PPPK ini akan dilakukan menggunakan metode yang sama dengan tes CPNS.

“Metodenya sama, menggunakan CAT dan dilakukan di Unib. Hanya saja karena pesertanya sedikit, maka hanya akan dilakukan satu sesi pelaksanaan,” katanya.

Sama seperti tes PPPK guru, tes PPPK penyuluh pertanian juga hanya dilakukan satu kali tes. Peserta yang nilainya memenuhi passing grade dan tertinggi akan dinyatakan lulus.

“Tidak seperti tes CPNS dimana ada dua tes yakni SKD dan SKB. PPPK penyuluh sama seperti PPPK guru, satu kali tes,” terangnya.

Peserta juga bisa langsung mengetahui nilainya masing-masing setelah tuntas mengerjakan soal. Namun pengumuman resmi akan dilakukan setelah terbit dari BKN. “Kita juga ada peserta yang melaksanakan tes di luar yang kita selenggarakan 18 Oktober mendatang. Satu peserta sudah melaksanakan tes,” bebernya.

Budi mengakui persentase kelulusan PPPK penyuluh pertanian cukup tinggi karena pesertanya sedikit. Ia menduga peserta yang sedikit tersebut lantaran adanya kewajiban harus menyertakan bukti pengalaman kerja di bidang yang sama. “Ada beberapa pelamar yang kita nyatakan tidak memenuhi syarat karena pengalaman kerja yang tidak sesuai,” ungkapnya.(qia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: