HONDA

Jangan Terkecoh, Ada Akun Facebook Abal-abal Atasnamakan Pejabat Benteng

Jangan Terkecoh, Ada Akun Facebook Abal-abal Atasnamakan Pejabat Benteng

fb

KARANG TINGGI Rakyat Bengkulu.com – Percobaan penipuan di dunia maya mengatasnamakan pejabat kembali terjadi. Kali ini,

pelaku menyerang akun Facebook (FB) Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Bengkulu Tengah (Benteng), Apileslipi, S.Kom, M.Si.

Akun yang mencatut nama Apileslipi, S.Kom tersebut nyaris saja memakan korban salah seorang anggota Satpol PP. Modus pelaku menghubungi calon korban dan meminta sejumlah uang. Beruntung si calon korban yang curiga langsung menghubungi Apileslipi asli via handphone sehingga terbongkarlah aksi pelaku.

Dikonfirmasikan, Apileslipi yang asli, membenarkan adanya percobaan aksi kejahatan yang mengatasnamakan dirinya di dunia maya. Lipi pun langsung menyebarkan luaskan melalui akun FB aslinya bahwa akun yang menggunakan nama Apileslipi, S.Kom adalah palsu.

Banyak perbedaan antara akun asli milik Lipi dengan yang palsu. Mulai dari nama akun, yang asli hanya menggunakan nama Apileslipi sedangkan yang palsu ditambahi gelar S.Kom di belakang nama.

Kemudian pekerjaan, Lipi adalah Kepala BKPSDM, bukan BKD seperti yang tertera pada akun palsu. Jumlah pertemanan, pada akun asli Lipi jumlah pertemanan sebanyak 1.242 orang, sedangkan yang palsu hanya 134 orang.

“Saya sendiri kaget mendapat laporan. Saya tegaskan itu bukan akun saya. Sudah saya sebarkan pengumuman di seluruh akun medsos saya agar berhati-hati, ada akun FB palsu yang mengatasnamakan saya. Diharapkan kepada teman-teman agar meneruskannya (pengumuman) ke teman-teman lain sehingga jangan sampai ada korban,” tutup Lipi. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: