HONDA

Hujan Deras Disertai Badai Masih Berpotensi Terjadi

Hujan Deras Disertai Badai Masih Berpotensi Terjadi

BENGKULU, rakyatbengkulu.com - Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geografi (BMKG) Fatmawati Bengkulu, melalui Prakirawan Stasiun Meteorologi Fatmawati Bengkulu, Winda Ayu Kusumawati bahwa dalam dua hari ke depan, Bengkulu diprediksi bakal dilanda hujan deras, disertai angin kencang berdurasi singkat.

"Yang perlu diwaspadai hujan untuk beberapa hari kedepan. Karena masih ada peluang hujan sedang-lebat," ungkap Winda.

BACA JUGA: Satu Korban Tenggelam di Pantai Sungai Hitam Ditemukan

Hujan deras disertai angin kencang ini, masih berpotensi terjadi hari ini di Lebong dan Seluma. Sementara untuk lusa, berpotensi merata di kabupaten dan kota dengan intensitas yang cenderung sama. Misalnya di Mukomuko, Bengkulu Utara, Rejang Lebong, Kepahiang, Bengkulu Tengah, Seluma dan Bengkulu Selatan.

"Waspada potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, angin kencang sesaat akibat hujan lebat atau hujan dengan durasi lama," imbaunya.

Dijelaskannya, dikarenakan adanya suplai uap air dari Samudera Hindia ke wilayah Indonesia bagian barat yang signifikan.

Yang berada di wilayah belokan angin dan perlambatan kecepatan angin, gelombang atmosfer Rossby yang terpantau aktif di wilayah Sumatera. Serta kelembapan udara yang basah di lapisan bawah hingga atas atmosfer.

BACA JUGA: Terlanjur jadi Korban Pinjol Ilegal, Mahfud MD: Tak Perlu Bayar

"Faktor-faktor tersebut dapat mendukung terjadinya proses pembentukan awan hujan di wilayah Provinsi Bengkulu," ujar Winda.

Angin Kencang

Winda menambahkan, potensi hujan lebat di Bengkulu dalam dua hari ke depan juga masih akan diselimuti angin kencang sesaat.

Untuk itu, pihaknya mengimbau masyarakat agar mengantisipasi terjadinya angin kencang sesaat itu. Dengan menghindari pohon besar, atau baliho yang sudah dimakan usia.

"Berpotensi untuk kecepatan angin secara umum dari Barat Laut - Timur Laut dengan kecepatan angin 1-20 knot," jelasnya.

Kecepatan angin bisa meningkat dikarenakan ketika ada awan hujan. Contohnya seperti tadi malam, yang itu biasanya dampak dari bawaan awan awan cumulonimbus.

Untuk diketahui, curah hujan sedang memiliki intensitas mulai dari 5,0 - 10,0 mm/jam atau 20 - 50 mm/hari. Sedangkan untuk hujan lebat itu memiliki intensitas dari 10 - 20 mm/jam atau 50 - 100 mm/hari.

"Di sini masih berpotensi hujan sedang hingga lebat. Disertai petir dan angin kencang dengan durasi sesaat," demikian Winda. (war/rb)

Simak Video Berita 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: