HONDA

Dewan Desak Pemkab Berikan Bantuan Merata Untuk Nelayan

Dewan Desak Pemkab Berikan Bantuan Merata Untuk Nelayan

 

KOTA MANNA - Minimnya bantuan maupun pembangunan kawasan pesisir menjadi perhatian serius dari DPRD Kabupaten Bengkulu Selatan (BS). Sebab selama ini kawasan pesisir khususnya para nelayan sangat jarang mendapatkan bantuan maupun pengembangan kawasan dari pemerintah daerah.

Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten BS menjadi sorotan para dewan BS, sebab para anggota dewan mendapati laporan dari para kelompok nelayan maupun para nelayan individu lantaran jarang tersentuh pembangunan maupun bantuan. Oleh sebab itu anggota DPRD BS mendesak agar pemerintah bisa rata dalam menyelenggarakan pembangunan maupun bantuan kepada kelompok nelayan di kawasan pesisir.

Beberapa program pemerintah yang menjadi sorotan dan belum ada progres yakni, asuransi nelayan, bantuan kapal, dan pengembangan kawasan pesisir, sehingga para dewan di Kabupaten BS berencana untuk memanggil Dinas Perikanan terkait bantuan kepada nelayan.

Ketua Komisi II DPRD BS Dodi Martian saat dikonfirmasi membenarkan, pemerintah harus transparan dan tidak tebang pilih untuk pembangunan di daerah, apalagi latar belakang masyarakat di BS bukan hanya petani dan ASN saja, sehingga nelayan pun berhak menerima program dari pemerintah.

Selain itu, para nelayan juga diminta agar mencatat seluruh program yang tidak tersalurkan kepada pihak nelayan, sehingga dengan dasar yang tercatat itulah, para dewan akan mempertanyakan kejelasan program yang belum disalurkan.

“Kalau kekurangan anggaran sampaikan agar pembangunan masyarakat BS merata. Nelayan berhak mendapatkan bantuan pemerintah, maka pemerintah harus hadir untuk nelayan,” kata Dodi.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perikanan BS Novianto menyampaikan, untuk bantuan nelayan salah satu yang diusahakan Dinas Perikanan saat ini adalah asuransi nelayan. Diungkapkan Novianto, untuk asuransi sedang diusahakan agar 400 an nelayan BS tercover oleh asuransi. Sehingga apabila terjadi kecelakaan kerja nelayan ada asuransi.

“Salah satunya kita sedang usahakan asuransi nelayan, untuk bantuan lainnya seperti juga diusahakan seperti alat tangkap nelayan, juga bantuan perumahan nelayan ada di OPD Perkim,” ujar Novianto.(tek)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"