HONDA

Berkas Pencairan TPG Belum ke BKD

Berkas Pencairan TPG Belum ke BKD

BENTENG - Tunjangan Profesi Guru (TPG) triwulan III Kabupaten Bengkulu Tengah, hingga Oktober ini belum cair.

Sedangkan Badan Keuangan Daerah (BKD) Benteng mengaku hingga, Jumat (22/10) belum menerima berkas pengajuan untuk pencairan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Benteng. BACA JUGA: Sabar, Pencairan TPG untuk Triwulan III Tunggu SK Kemendikbud  

 Kepala BKD Benteng, Welldo Kurniyanto, SE, MM melalui Kasubbid Perbendaharaan, Adeansa Putra, SE, menegaskan pihaknya tidak akan menghambat.

Kalau berkas usulan pencairan sudah diajukan ke BKD maka akan langsung diproses.

"Saya koordinasi dengan staf, berkas pencairan TPG memang belum masuk. Jadi kita di sini hanya menunggu pengajuan berkas dari Dinas Dikbud. Kalau mereka belum mangajukan, maka kita belum bisa meproses pencairan TPG triwulan III ini. Kalau soal anggaran sudah tak ada kendala, sudah ada di Kasda sejumlah Rp 8,2 miliar,’’ jelasnya.

Ajukan Berkas

 Terpisah, Kepala Dinas Dikbud Benteng, Saidirman, SE, MM melalui Operator TPG yang juga Kasi Pendidik Tenaga Kependidikan (PTK), Andri Winata, S.Pd mengaku proses pencairan sudah diserahkan ke bagian keuangan Dinas Dikbud.

Dimungkinkan dalam Senin besok diajukan pencairan ke BKD.

 "SK sudah kita serahkan ke bagian keuangan agar proses pencairan segera diserahkan ke BKD Benteng. Diperkiran sebelum bulan ini berakhir, TPG triwulan III sudah bisa disalurkan ke semua rekening guru penerima,’’ ungkapnya.

 Andri Winata menambahkan, berdasarkan SK yang diterbitkan, total guru yang menerima TPG triwulan III sejumlah 703 orang.

Terdiri dari guru PNS sebanyak 687 orang dan guru non-PNS ada 16 orang.

‘’Namun yang kita ajukan untuk proses pencairan hanyalah 687 guru PNS. Untuk guru non-PNS akan dibayarkan langsung oleh Kemendikbud menggunakan APBN.

 "Untuk diketahui pada saat ini baru SK pencarian TPG guru yang baru diterbitkan oleh pusat. Sedangkan TPG pengawas, SK belum terbit juga hingga saat ini. Biasanya memang terakhir baru divalidasi, sehingga SK-nya terbit belakangan. Tidak akan lama, diperkirakan pada bulan ini juga," demikian Andri.

 Ketua PGRI Benteng, Supriyanto, S.Pd berharap agar TPG triwulan III segera diproses pencairannya. Sudah banyak guru yang mempertanyakan ini kepada PGRI.

Mengapa hingga saat ini TPG triwulan III tidak kunjung cair. Selain itu ini juga menyangkut hak dan kebutuhan para guru yang ada di Kabupaten Benteng. BACA JUGA: Perjuangan GBD, Gaji Rp 600 Ribu, Lalui Jalan Lumpur hingga Pakai Rakit

 "Kita juga sudah komitmen dengan Kepala Dinas Dikbud untuk tidak menghambat pencairan TPG. Jadi kemungkinan memang sedang diproses. Kita tetap berharap pengajuan berkas pencairan sudah bisa disampaikan ke BKD, dan pekan depan pencairan TPG sudah bisa direalisasikan,’’ ujar Supriyanto. (jee)

Simak Video Berita   

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: