HONDA

Pelantikan Direktur PDAM Terkendala UKK

Pelantikan Direktur PDAM Terkendala UKK

KOTA MANNA - Jabatan Direktur PDAM Tirta Manna hingga saat ini masih belum terisi. Sebab kandidat direktur PDAM masih belum menjalani Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK). Saat ini jabatan direktur PDAM terpaksa masih diemban oleh Sekda Bengkulu Selatan (BS), sebagai pelaksana tugas, sejak setahun terakhir.

Sekda Bengkulu Selatan Yudi Satria SE MM mengatakan, pihaknya memastikan apabila proses UKK sudah selesai digelar, maka pemkab akan melakukan pelantikan. Ia juga memastikan bahwa tertundanya pelantikan ini bukan karena ada ketidak sukaan terhadap individu, namun dikarenakan ada tahapan yang belum tuntas.

"Tentunya ada tahapan yang perlu dilalui dan itu wajib dilakukan seperti UKK. Dan Pemkab pastikan tidak ada hal lain yang menghambat proses pelantikan, semua sesuai mekanisme," terang sekda.

Sementara itu, Waka I DPRD BS Juli Hartono mendesak agar Pemerintah Daerah bisa segera menggelar UKK, sebab dengan belum adanya direktur PDAM definitif dikhawatirkan bisa menghambat kinerja BUMD Tirta Manna. Namun meski demikian, UKK yang menjadi penghambat pelantikan diharapkan benar-benar transparan.

Bahkan menurut Juli, ketika UKK itu nanti digelar, namun pada hasilnya tidak memenuhi persyaratan, timsel berhak mencoret kandidat sebagai direktur terpilih.

"Tentunya kami (DPRD) mendorong agar PDAM Tirta Manna segera mempunyai direktur, karena dengan adanya direktur definitif program dan pelayanan akan lebih maksimal. Kami dukung segera pelantikan, tapi sesuai mekanisme dan UKK itu. Bila memang hasilnya tidak layak, maka bukan tidak mungkin calon tunggal dicoret," ujar Juli.

Jabatan Plt ini akan berakhir hingga tahapan seleksi direktur PDAM tuntas digelar. Namun proses seleksi jabatan direktur masih terkendala pada evaluasi UKK kandidat. Hasil seleksi terhadap kandidat, sudah mengerucut menjadi satu orang yakni, Iwan Kurwantoro.

Namun meski calon tunggal, Pemkab BS belum bisa melakukan pelantikan karena ada tahapan-tahapan yang belum selesai digelar. Oleh sebab itu, timsel pemilihan belum bisa menggelar pelantikan kepada kandidat terpilih Tirta Manna Iwan Kurwantoro. (tek)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"