HONDA

Pemkab Bengkulu Selatan Jalin Kerjasama dengan Pagar Alam dan Lahat

Pemkab Bengkulu Selatan Jalin Kerjasama dengan Pagar Alam dan Lahat

 

KOTA MANNA, rakyatbengkulu.com - Pemerintah daerah dituntut lebih proaktif dalam melakukan pembangunan daerah. Oleh sebab itu Pemkab Bengkulu Selatan (BS) melakukan berbagai inovasi juga kerjasama antar daerah untuk mengoptimalkan potensi daerah. Di antaranya kerjasama dengan Kota Pagar Alam dan Kabupaten Lahat Sumatera Selatan.

Apalagi hal ini sejalan dengan amanat Pasal 363 ayat Undang–Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2015,  yang menyebutkan bahwa dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat, pemerintah daerah dapat mengadakan  kerja sama yang didasarkan pada pertimbangan efisiensi dan  efektivitas pelayanan publik serta saling menguntungkan.

Kabag Tapem Pemkab Bengkulu Selatan Ramadhan Syakirin mengatakan, pihaknya telah mengatur dan melakukan kerjasama antar daerah. Kerjasama ini dilakukan dengan dua daerah yakni Kota Pagar Alam dan Kabupaten Lahat.

"Ya Pemkab Bengkulu Selatan akan lakukan kerjasama dengan dua daerah dari Sumsel tersebut," terang Ramadhan.

Ramadhan menerangkan, bentuk kerjasama antar daerah ini dimulai dari peningkatan dan pembangunan infrastruktur, peningkatan mitigasi bencana, pengembangan promosi perdagangan dan UMKM, pengembangan kebudayaan, pariwisata dan ekonomi kreatif, ketahanan pangan, pertanian dan perikanan.

Selain itu juga pengembangan pendidikan, peningkatan kesehatan, pengelolaan lingkungan hidup dan kehutanan dan pengembangan dan penguatan komunikasi dan informatika serta kegiatan-kegiatan lainnya yang disepakati oleh para pihak-pihak terkait.

Oleh sebab itu, Ramadhan berharap dengan adanya kerjasama antar daerah ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan masing-masing daerah.

"Besok (kemarin) kita akan lakukan tanda tangan kerjasama antar daerah di Balai Sekundang," ujarnya.

Sementara itu Wakil Ketua Komisi I DPRD Bengkulu Selatan Nisan Deni Purnama mengaku pihaknya sangat mendukung kerjasama antar daerah. Apalagi kerjasama antar daerah ini dilakukan dengan kabupaten tetangga.

Kabupaten Bengkulu Selatan dan beberapa kabupaten di Sumsel disebutkannya saling membutuhkan. Sebagai contoh Bengkulu Selatan memiliki sumber daya alam berupa ikan dan Pagar Alam serta Lahat memiliki sayuran-sayuran. Dari segi kebutuhan ekonomi dan kebutuhan hidup rumah tangga, Bengkulu Selatan dan Sumsel memiliki ketergantungan.

"Saling membutuhkan, DPRD Bengkulu Selatan setuju-setuju saja bila ini untuk kepentingan masyarakat," pungkasnya.(tek)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"