HONDA

Danau Nibung, Objek Wisata Potensial

Danau Nibung, Objek Wisata Potensial

 

MUKOMUKO, rakyatbengkulu.com – Puluhan batang pohon ditanam di kawasan objek wisata Danau Nibung di Desa Ujung Padang Kecamatan Kota Mukomuko, Rabu (16/12). Kegiatan itu diinisiasi Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) Bengkulu, dengan dipimpin langsung Dr. H. Rohidin Mersyah, Gubernur Bengkulu. Turut serta Bupati Mukomuko H. Sapuan, SE, MM, Ak, CA, CPA dan Wakil Bupati Mukomuko, Wasri. BACA JUGA: Libur Sekolah di Bengkulu Selatan Tetap Desember

Dikatakan Rohidin, Danau Nibung menjadi objek wisata yang potensial. Sebab lokasinya tidak jauh dari komplek perkantoran Pemkab Mukomuko dan sejumlah instansi vertikal di Kabupaten Mukomuko. Selain itu, objek wisata tersebut berbasis alam, yang itu tidak akan ada habisnya keindahan dari objek wisata itu.

“Objek wisata yang potensial, karena berbasis alam dan dekat dengan kawasan perkantoran,” kata Rohidin.

Diterangnya, membangun objek wisata tidak bisa dilaksanakan sekaligus. Seluruhnya harus dirancang dan direalisasikan bertahap. Bukan saja membangun bangunan fisik yang dibutuhkan sebagai penunjang. Juga pembangunan lainnya.

“Dimana-mana namanya membangun objek wisata itu bertahap. Termasuk bagaimana menata lingkungan dari aspek konservasi, dan ketersediaan fasilitas yang sudah mulai dibangun,” kata Rohidin.

Namun tidak kalah pentingnya, bagaimana membangkitkan kesadaran masyarakat. Bahwa objek wisata itu perlu dijaga dan lestarikan. Dengan begitu, keberadaan objek wisata itu akan memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitarnya dan daerah. BACA JUGA: Bahaya Akses Digital Bagi Anak-anak, KPID Turun ke Sekolah

“Perlu bagaimana masyarakat sadar, bahwa ini jadi objek wisata. Timbul kesadaran untuk sama-sama menjaga. Sehingga nanti dia jadi nilai ekonomi,” kata Rohidin.

Ia pun menyatakan, membangun pariwisata di daerah, bukan perkara mudah. Sebab membangun pariwisata, sama saja seperti membangun sebuah peradaban. Maka dari itu, perlu dukungan besar. Bukan saja dari masyarakat, tapi juga dari Pemkab dan lainnya.

Suport Bersama

“Tidak bisa seperti membalikkkan telapak tangan. Kita membangun pariwisata sama dengan membangun peradapan. Jadi kita bersama bupati, bersama unsur lainnya memberikan support bersama-sama. Sekecil apapun peran kita, yang penting ada koreksi perbaikan,” sampai Rohidin.

Ia berharap, dengan adanya penanaman pohon itu, kelestarian wisata Danau Nibung bisa terjaga. Sehingga banyak wisatawan yang berkunjung ke lokasi tersebut.

“Memang tidak banyak pohon yang ditanam oleh Kagama di Taman Danau Nibung ini. Namun yang terpenting adalah semangat untuk terus menanam pohon, baik di lokasi wisata maupun di lingkungan masing-masing," pungkasnya.

Bupati Mukomuko, H. Sapuan, SE, MM, Ak, CA, CPA mengatakan, dengan adanya penanaman pohon di objek wisata Danau Nibung ini. Dedepannya akan menjadikan kawasan Danau Nibung ini lebih hijau dan lebih asri sehingga masyarakat yang berkunjung lebih nyaman. BACA JUGA: Sidang Perdana Korupsi DKP, Kerugian Negara Belum Kembali

“Selain menjadikan Danau Nibung lebih hijau dan asri kedepannya. Penanaman pohon ini juga memberikan contoh kepada masyarakat agar bisa memanfaat lahan yang kosong. Dan semoga ke depan Danau Nibung ini terus berkembang dan maju," pungkasnya. (hue)

Simak Video Berita 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: