HONDA

22 Calon Petahana Kalah, Pilkades Serentak 69 Desa

22 Calon Petahana Kalah, Pilkades Serentak 69 Desa

KEPAHIANG, rakyatbengkulu.com - Dari 39 calon kepala desa (Cakades) petahana yang ikut dalam pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di 69 desa di Kabupaten Kepahiang, sebanyak 22 diantaranya gagal kembali duduk sebagai kades. Sementara 17 cakades petahana lainnya sukses menjabat untuk periode kedua memimpin desa.

Selain itu, sebanyak 52 desa nantinya akan dipimpin oleh kades yang baru hasil pilkades serentak. Plt. Kepala Dinas PMD Kepahiang, Ir. Ris Irianto, M.Si melalui Kabid Pembinaan Pemerintah Desa, Verry Susanto, S. Sos membenarkan hal tersebut. Jika dilihat dari hasilnya dari total calon kades petahana kisaran 60 persen saja yang kembali menang dan mendapatkan suara terbanyak.

"Sebenarnya kalau kita sendiri tidak melihat apakah petahana atau bukan, yang penting sekarang pilkades serentak berjalan dengan lancar dan sukses," ungkap Verry.

Dijelaskannya, seluruh hasil pilkades serentak telah masuk ke Dinas PMD termasuk logistik. Selanjutnya Dinas PMD Kepahiang akan mempersiapkan untuk tahap selanjutnya yakni pelantikan yang akan dilaksanakan akhir Desember ini.

"Ada beberapa desa yang melakukan penghitungan hingga malam hari, tapi Alhamdulillah sekarang hasilnya sudah kita terima," terang Verry.

Pantauan RB Rabu (15/12), beberapa kades terpilih hasil pilkades serentak, tampak berdatangan ke Dinas PMD Kabupaten Kepahiang untuk mengukur seragam persiapan pelantikan nanti. Diketahui untuk seragam pelantikan kades, seluruhnya akan diberikan gratis oleh Bupati Kepahiang Dr. Ir. Hidayattullah Sjahid, MM, IPU.

Seragam gratis tersebut diberikan sebagai bentuk komitmen Pemkab Kepahiang, atas terlaksananya pilkades serentak yang berjalan lancar, aman dan demokratis. Hal ini disampaikan Bupati Kepahiang pada rapat persiapan pilkades beberapa waktu lalu. "Ya, kita sudah komitmen. Pilkades serentak berjalan lancar dan aman, kita akan berikan seragam gratis kepada setiap kades yang terpilih. Siapapun itu yang terpilih, komitmen ini akan kita laksanakan," kata Bupati.(sly)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"