HONDA

Tunggakan Pelanggan PDAM Tirta Manna Rp 610 Juta

Tunggakan Pelanggan PDAM Tirta Manna Rp 610 Juta

KOTA MANNA, rakyatbengkulu.com - Setelah dilantik menjadi Direktur PDAM Tirta Manna beberapa waktu lalu, Iwan Kurwantoro mulai melakukan pembenahan di manajemen PDAM Tirta Manna.

Per Desember ini ia memfokuskan masalah tunggakan pembayaran oleh pelanggan PDAM. Dari 3.196 saluran rumah (SR) yang tersebar di beberapa kecamatan masih ada tunggakan Rp 610 juta per 20 Desember.

Iwan menyebut tunggakan pelanggan bervariasi, ada yang menunggak 12 bulan, 8 bulan dan ada yang sampai berpuluh-puluh bulan. Namun yang paling banyak tunggakan diakui Iwan adalah Kecamatan Air Nipis dan Seginim. Dua kecamatan ini dinilai memiliki tunggakan sebanyak 37 bulan.

Oleh sebab itu untuk mengatasi masalah ini Iwan telah mengambil tindakan, pertama ia bersama karyawan PDAM Tirta Manna melakukan pendekatan secara persuasif dan langkah ini menurut Iwan telah membuahkan hasil. Bahkan sudah ada yang langsung bayar pull setelah dilakukan pendekatan. Lalu cara yang kedua apabila sudah tidak bisa dilakukan dengan cara persuasif, maka pihaknya melakukan tindakan tegas.

Bahkan untuk Desember ini sudah ada enam pelanggan yang diputus oleh PDAM Tirta Manna lantaran tidak bisa membayar tunggakan.

"Selama ini masyarakat banyak belum sadar kebutuhan air. Sehingga tunggakan ini dibiarkan," kata Iwan.

Selain itu, Iwan tidak menampik manajemen PDAM Tirta Manna selama ini juga melakukan pembiaran dan tidak ditagih. Sehingga dengan adanya pembiaran ini pelanggan nyaman.

"Tidak ada tindakan tegas. Sehingga pelanggan nyaman. Ini yang akan kita benahi," ujarnya.

Selain itu juga dari hasil turun ke lapangan, Iwan mendapati pengakuan pelanggan ada pelanggan yang sudah membayar dengan petugas PDAM. Namun petugas tersebut disangkal pihak PDAM. Sehingga dipastikan ada masyarakat yang membayar tagihan ke oknum.

Oleh karena itu Iwan meminta masyarakat atau pelanggan memastikan betul apabila ada petugas yang datang untuk menagih tunjukkan indentitas. Atau baik langsung bayar ke kantor PDAM Tirta Manna di desa Batu Kuning Kecamatan Manna.(tek)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"