HONDA

Atasi Sampah, Kontainer Sampah Ditambah

Atasi Sampah, Kontainer Sampah Ditambah

BENGKULU, rakyatbengkulu.com – Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bengkulu, Medy Pebriansyah, SSTP, M.Si mengatakan akan menambah jumlah kontainer sampah yang akan diletakkan di beberapa TPS. Hal itu dikatakannya berkaitan dengan masih adanya  sampah yang menumpuk di pinggir jalan. Dimana sampah yang menumpuk di pinggir jalan itu dibuang oleh warga.

Dijelaskan Medy, ada 39 TPS di Kota Bengkulu dan ada beberapa TPS yang akan segera ditambah kontainer di beberapa tempat yang memang volume sampahnya di atas rata-rata. Seperti di TPS Sawah Lebar, Anggut, Pasar Baru, dan TPS Belakang Balai Buntar.  “Penambahan kontainer ini supaya sampah-sampah itu tidak berceceran di luar kontainer. Dan sampah dapat tertampung semua,” ujarnya.

Kontainer yang digunakan untuk penambahan adalah kontainer yang diadakan tahun 2021. Ada lima kontainer bak tertutup dan ada lima kontainer bak terbuka dan ada juga ada satu kontaine bantuan dari PT. Pelindo.

“Dan Alhamdulilah untungnya masih ada kontainer yang kita adakan di tahun 2021 kemarin,” tambahnya.

Medy berharap agar di setiap perumahan itu sistem pengelola persampahan yang dilakukan oleh LPM itu berjalan semua. LPM sendiri memiliki armada, seperti motor roda tiga, ada juga yang sudah mengunakan mobil pikap. “Sekarang memang sudah ada yang jalan dan masih ada beberapa yang masih tersendat-sendat. Kalau yang sudah jalan itu mereka sudah bagus. Kalau yang masih mengunakan motor roda tiga itu memang mereka masih membuang ke TPS dan kita yang mengangkut ke TPA,” katanya.

Seluruh LPM di setiap perumahan sudah jalan, masyarakat sudah ikut pengelolaan sampah dari LPM, sampah yang ada dimasyarakat perumahan akan tertata dan tidak akan ada sampah yang menumpuk. “Jadi kalau di pemukiman itu LPM-nya sudah aktif dan pengelolaan sampah dari warga itu jalan itu akan sedikit meringankan pengangkutan pemerita dari TPS ke TPA,” tutupnya. (cw2)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: