HONDA

Lonjakan Kasus Covid, TC Timnas Jalan Terus, IBL Tunda Laga, Proliga Tetap Semi-bubble

Lonjakan Kasus Covid, TC Timnas Jalan Terus, IBL Tunda Laga, Proliga Tetap Semi-bubble

 

JAKARTA, olahraga - Kompetisi olahraga di Indonesia dibayangi kasus positif Covid-19 yang dialami sejumlah pemain dan ofisial. Begitu pula tim nasional (timnas) sepak bola yang baru saja menghelat uji coba internasional.

Di BRI Liga 1, PT Liga Indonesia Baru  (31/1) langsung menggelar manager’s meeting dengan 18 klub yang saat ini tersentralisasi di Bali. Sementara itu, Ketua Umum PSSI M. Iriawan menuturkan, walau ada lonjakan kasus, pemusatan latihan (training center/TC) timnas U-23 yang diselenggarakan mulai Kamis (3/2) lusa di Bali harus tetap berjalan. BACA JUGA: Ikuti Turnamen Sepakbola Memperingati HUT Bengkulu Selatan, Berhadiah Puluhan Juta Rupiah

Menurut dia, kebanyakan pesepak bola yang terkonfirmasi positif tanpa gejala. ”Mereka 2–3 hari saja selesai karantina mandiri,” katanya sebagaimana dilansir jawapos.

Iriawan mendorong klub mengajukan vaksinasi booster kepada PSSI ataupun Kementerian Pemuda dan Olahraga. ”Klub harus proaktif,” ujarnya.

Di Proliga, kompetisi teratas bola voli, terdapat lima pemain Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia yang positif Covid-19. Di Indonesian Basketball League (IBL), ada 10 pemain dan ofisial tim yang terpapar Covid-19 pada musim ini.

Indonesia Patriots menjadi tim kontestan IBL paling terdampak kasus Covid-19 karena hasil tes positif diterima 4 pemain dan 3 ofisial mereka. Adapun kasus lain yang menimpa Pelita Jaya Bakrie (3 orang) dan Satria Muda Pertamina (1 orang), seluruhnya melibatkan pemain.

Bahkan, sampai hari ketiga penyelenggaraan IBL seri kedua, tim Indonesia Patriot belum memperoleh clearance (izin) dari penyelenggara untuk memasuki bubble. Dokter Panudju Djojoprajitno dari RS Royal Sports Medicine yang menjadi mitra IBL menyatakan, dalam tes ulang PCR diketahui 18 personel Indonesia Patriots menunjukkan hasil positif Covid-19.

”Bertambah dari sebelumnya menjadi 18 orang positif sampai saat ini (kemarin, Red),” katanya. BACA JUGA: AFC Women’s Asia Cup 2022: Gawang Timnas sudah 22 Kali Kebobolan

Para pemain Patriots yang terpapar adalah Aldy Izzatur Rahman, Esha Lapian, Daniel Willian, Valentinus Wongso, Dame Diagne, Adam Faruq, M. Nabizar, Ali Bagir Wayarabi Alhadar, Victory Lobbu, A.A. Gede Agung Bagus, dan Serigne Modou Kane. Nama terakhir sudah mendapatkan hasil negatif pada tes ulang PCR.

Sementara itu, para personel di luar pemain yang positif adalah pelatih kepala Milos Pejic, asisten pelatih Roland Robinson, asisten pelatih Ricky Gunawan, Manajer Jamin Matotoran, ofisial Rony Rahmat, Guntur, dan Renny. Baca Selanjutnya>>>

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: