HONDA

Dorce Gamalama di Mata Keluarga, Dua Kali Pecahkan Rekor MURI

Dorce Gamalama di Mata Keluarga, Dua Kali Pecahkan Rekor MURI

   

TAK ada lagi artis serba bisa yang saat menyanyi sering ditimpahi dengan lelucon. Dorce Gamalama meninggal dunia karena Covid-19, (16/2) sekitar pukul 07.36 WIB di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP), Simprug, Jakarta Selatan.

Pembawa acara, penari, aktris, penyanyi, dan juga komedian itu menghembuskan napas terakhir di usia 58 tahun. Jenazahnya dimakamkan di satu liang lahat dengan sepupunya di TPU Bantar Jati, Jakarta Timur.

"Mama sudah menyerahkan kepada anak-anaknya. Dan kami memutuskan dimakamkan sesuai dengan jenis kelamin lahirnya Mama," kata salah satu anak angkat Dorce, Siti Fatimah Tuzzahrah. BACA JUGA: Dorce Sampaikan Maaf Sekaligus Terima Kasih

Kondisi kesehatan Dorce mulai melemah mulai akhir tahun lalu karena penyakit diabetes yang dideritanya semakin parah. Dorce sudah berkali-kali keluar masuk rumah sakit. Bahkan, sempat dirawat di ICU pada Oktober 2021. Selain diabetes, Dorce juga divonis mengidap penyakit demensia alzheimer.

Sosok dengan nama lahir Dedi Yuliardi Ashadi itu telah menyiapkan segala perangkat pengurusan jenazah untuk dirinya. Mulai dari kain kafan hingga kain penutup keranda. "Persiapan segala macam, kita oakaikan yang punya Mama," kata Mimi Artati, keponakan Dorce.

Pihak keluarga juga menunaikan permintaan Dorce yang ingin jenazahnya disalatkan di Masjid Al Hayyu 63 miliknya. Pastinya dengan menerapkan standardprotokol kesehatan Covid-19 yang ketat.

Sementara itu, Siti Khadijah, putri angkat Dorce yang lain mengungkapkan ada salah satu keinginan sang ibunda yang belum terwujud. "Pengin umrah doang sih, itu keinginan dia pribadi. Kan memang Mama biasanya suka umrah," terang Khadijah. BACA JUGA: Sempat Terpapar Covid-19, Dorce Gamalama Wafat

Dorce wafat setelah hampir sepekan mendapat perawatan intensif di dua rumah sakit. Mimi bercerita pada Sabtu, 4 Februari malam Dorce muntah-muntah seperti gejala masuk angin. Dan meminta untuk berobat ke rumah sakit.

Namun, Mimi tidak menyebutkan nama rumah sakit yang dimaksud. Yang jelas, Dorce saat itu dibawa dalam kondisi sadar. "Masih bisa diajak ngobrol walaupun nggak nyambung. Di tes (swab, Red) pun masih negatif (Covid-19, Red)," tutur dia.

Pada Senin (7/2) pagi, kesehatan Dorce mulai menurun, bahkan sudah tidak sadarkan diri. "Kata dokter yang memeriksa ada virus di paru-parunya pas dirontgen dan dinyatakan positif," jelas Mimi.

Sehari setelahnya, pihak keluarga memutuskan untuk memindahkan Dorce ke ICU RSPP Simprug, Jakarta Selatan. Sampai akhirnya, kondisi Dorce terus melemah dan dinyatakan meninggal dunia. Hetty Sunjaya selaku sahabat Dorce mengungkapkan bahwa dua hari sebelum wafat, dokter telah berpesan untuk mengikhlaskannya. Baca Selanjutnya>>>

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: