HONDA

Prakerja Gelombang 24 Dibuka, Di Bengkulu Ada 186.287 Penerima

Prakerja Gelombang 24 Dibuka, Di Bengkulu Ada 186.287 Penerima

   

BENGKULU, rakyatbengkulu.com -  Gelombang 24 Program Kartu Prakerja telah dibuka.  Secara simbolis, Kepala Staf Kepresiden Moeldoko sekaligus Wakil Ketua Komite Cipta Kerja secara virtual membuka acara tatap muka dengan perwakilan penerima Kartu Prakerja dari Bengkulu.

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari mengatakan untuk Provinsi Bengkulu ada 186.287 penerima sejak tahun 2020-2021. Jumlah penerima ini, tersebar di 9 kabupaten dan satu kota.

"Prakerja di Bengkulu, ini terserap maksimal. Tadi kan sudah disampaikan pendaftarannya 400 ribuan dan yang diterima itu hanya 186 ribu. Jadi memang over subscribe. Yang gagal jangan kecil hati, karena kawan itu hanya satu kali klik join lagi untuk join kembali di gelombang berikut nya. Jadi sabar, " kata Denni.

Dijelaskannya, ada beberapa kategori pelatihan yang paling diminati Sobat Prakerja di Bengkulu. Diantaranya meliputi bidang penjualan pemasaran, gaya hidup, makanan dan minuman, manajemen serta perkantoran.

""Pra kerja ini kan tentang SDM ya, untuk daerah tingkat pengangguran yang tinggi, dan potensi peluang pekerjaan yang tinggi itu diprioritaskan. Mendekati masa transisi maka sebagian kuota Pulau Jawa ke pulau lainnya, " imbuhnya.

BACA JUGA: 2022, Pemerintah Lanjutkan Program Kartu Prakerja

Dari hasil survei Evaluasi Prakerja, diketahui bahwa 98 persen penerima manfaat di Bengkulu menyatakan program ini meningkatkan kompetensi, keterampilan, dan soft skill. Sementara itu 97 persen peserta mengakui bahwa Kartu Prakerja mendorong kewirausahaan.

"Hingga saat ini (17/3), ada Rp 459 milar insentif telah disalurkan kepada penerima Kartu Prakerja dari Provinsi Bengkulu, " ungkap Denni.

Ia mengatakan program ini juga dianggap tepat sasaran karena 72 persen peserta dari Bengkulu melampirkan sertifikat pelatihan Prakerja saat melamar kerja. Didapati, 30 persen peserta yang menganggur, sebelum mengikuti program telah bekerja atau berwirausaha.  

Topang Daya Beli

"Seperti yang disampaikan pak Moeldoko tadi, meski sangat dini, capaian prestasi program sangat tinggi. Terutama dalam membawa misi ganda dan inklusif, yakni meningkatkan kompetensi melalui pelatihan, menghubungkan suplai dengan demand. Serta menyalurkan bantuan untuk menopang daya beli," sampainya.

BACA JUGA: 8 Ton Migor Terguling di Jalan Lintas Kaur – Lampung, Akan Dijual Harga Normal

Program Pra kerja ini juga mendapatkan apresiasi dari Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah melalui sambutan tertulis disampaikan Staf Ahli bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Muhamad Ikhwan, bahwa Pemprov Bengkulu memberikan apresiasi yang sangat tinggi atas program pemerintah yang fokus untuk pemberian skill tersebut.

"Karena Program Kartu Prakerja terasa sekali manfaatnya bagi angkatan kerja di Bengkulu, terutama mereka yang perekonomiannya sangat terpukul akibat pandemi," kata Ikhwan.

Baca Selanjutnya>>>

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: