HONDA

Liga Champions: Kisah Si Kapal Selam Kuning Bersama Unai Emery

Liga Champions: Kisah Si Kapal Selam Kuning Bersama Unai Emery

   

LIGA Champions musim 2021/2022  menjadi spesial bagi Villarreal CF. Termasuk bagi pelatih Unai Emery.  Sebelumnya, Unai Emery lebih dianggap cocok berlaga di Liga Europa. Buktinya,  empat kali memenangi ajang kelas dua Eropa itu, termasuk musim lalu.

Ini membuat Liga Europa dipelesetkan jadi Emery League. Sebaliknya, dia hanya penggembira bila tampil di Liga Champions.

Langkah terbaik Emery di Liga Champions hanya sampai 16 besar. Itu dicapai pelatih 50 tahun tersebut ketika mendapat kesempatan menangani tim kaya raya Paris Saint-Germain selama dua musim beruntun (2016–2017 dan 2017–2018).

Musim ini, ketika membesut Villarreal CF yang notabene bukan klub top Eropa, Emery malah sukses mengakhiri tabunya di Liga Champions.

BACA JUGA: Liga Champions: Benzema Bawa Madrid ke Perempat Final

Emery membawa klub berjuluk El Submarino Amarillo atau Kapal Selam Kuning itu melangkah ke perempat final. Raul Albiol dkk meraihnya dengan heroik. Yaitu dengan mempermalukan klub raksasa Italia Juventus 3-0 di Allianz Stadium (17/3).

Kemenangan dalam second leg 16 besar itu menjadikan Kapal Selam Kuning unggul agregat 4-1. Capaian yang mengingatkan akan musim fenomenal Villarreal CF di Liga Champions 2005–2006 kala melaju sampai semifinal atau sebelum dihentikan Arsenal.

Tiga musim berselang, Kapal Selam Kuning juga dihentikan Arsenal di perempat final.

BACA JUGA: All England 2022: Tunggal Putri dan Ganda Campuran Gagal, Pelatih Sampaikan Analisanya

”Aku jatuh cinta kepada Liga Europa. Tetapi, sekarang aku menikmati Liga Champions,” ungkap Emery sebagaimana dilansir Tuttosport. ”Sangat menyenangkan melihat klub ini kembali dalam persaingan delapan klub terbaik di Eropa,” imbuh mantan pelatih Arsenal tersebut.

Hanya, mimpi Villarreal CF mengulang capaian terbaik mereka 16 tahun silam tidak akan mudah. Bisa dibilang, Villarreal CF adalah underdog kedua setelah SL Benfica di delapan besar.

Undian perempat final dihelat di markas UEFA di Nyon petang nanti.  

Tiga Wakil Spanyol

”Aku tidak ingin membicarakan itu (calon lawan di perempat final, Red). Intinya, perempat final adalah peluang untuk kembali melakukan hal-hal seperti ini (mengalahkan tim unggulan seperti Juventus di 16 besar, Red),” beber Emery kepada Marca.

Selain Villarreal CF, La Liga diwakili Real Madrid dan Atletico Madrid dalam perempat final. Itu adalah kali pertama La Liga menempatkan tiga wakil di perempat final Liga Champions sejak musim 2017–2018. Kala itu, Real jadi juara.

Apakah musim ini bakal mereplika hasil yang sama? (*/jawapos)  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: