HONDA

Mahfud Tegaskan Tak Ada Penundaan Pemilu 2024

Mahfud Tegaskan Tak Ada Penundaan  Pemilu 2024

 

JAKARTA, rakyatbengkulu.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) M Mahfud MD memastikan pihaknya telah membatalkan agenda rapat di Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim). Hal itu untuk menghindari spekulasi bahwa acara itu membahas isu penundaan pemilu.

’’Itu kami batalkan karena itu akan menimbulkan isu liar seakan-akan kami mengagendakan (rapat penundaan pemilu, Red),’’ terang dia, kemarin (20/3). Padahal, yang hendak dibahas dalam rapat tersebut adalah persiapan pemilu.

Mahfud menyatakan, agenda pemerintah sudah jelas dan tegas. Bahwa pemilu akan diselenggarakan pada 2024. Sehingga perlu persiapan matang untuk mensukseskan pesta demokrasi tersebut. ’’Kami mau menjelaskan kepada masyarakat bahwa agenda pemerintah tetap,’’ tegasnya. Hal itu sesuai arahan Presiden Joko Widodo kepada dirinya. BACA JUGA: Penundaan Pemilu Lecehkan Hak Konstitusional Warga

Karena itu, Mahfud menegaskan, jadwal yang sudah disetujui oleh DPR, pemerintah, dan penyelenggara pemilu tidak berubah. Di luar itu, pihaknya tidak mengurusi. Termasuk isu penundaan pemilu yang masih digulirkan oleh beberapa pihak. ’’Urusan parpol di DPR silahkan lah. Kami akan bekerja secara profesional sesuai dengan tugas dan fungsinya,’’ ujarnya.

Mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu menyampaikan bahwa semua pihak berhak menyuarakan pandangan masing-masing. Baik parpol, LSM, maupun ormas tidak dilarang untuk bicara. ’’Bahwa parpol, DPR, LSM, ormas mau mendiskusikan hal itu, diskusikan saja. Apa hasilnya itu urusan politik,’’ ungkap pejabat asal Madura itu.  

Sepakat 2024

Namun demikian, pemerintah tetap bekerja profesional. Kemenko Polhukam tetap menyiapkan tugas pelaksanaan pemilu sebagaimana perintah presiden. ’’Tahun 2024 ada pemilu presiden dan wakil presiden, legislatif, dan pilkada serentak. Itu kami siapkan,’’ tegasnya. BACA JUGA: Airlangga: Pelatihan Vokasi Bisa Tarik Investor Melalui Jaminan Kualitas SDM

Sebelumnya, Ketua DPR RI Puan Maharani juga memastikan tidak akan ada penundaan pemilu. Saat bersilaturahmi ke Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf, Puan menegaskan adanya keputusan yang sudah diambil DPR, Pemerintah dan penyelenggara pemilu. ’’Sudah menyepakati bahwa pemilu akan dilaksanakan pada 14 februari 2024,’’ ujarnya Selasa (15/3). (syn/bay)

Simak Video Berita 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: