HONDA

Siap-siap, Pendaftaran Sekolah Kedinasan Akan Dibuka

Siap-siap, Pendaftaran Sekolah Kedinasan Akan Dibuka

     

JAKARTA, rakyatbengkulu.com – Kesempatan menjadi abdi negara melalui jalur sekolah kedinasan kembali dibuka. Setidaknya, ada delapan instansi pemerintah yang akan membuka pendaftaran mahasiswa/praja/taruna sekolah kedinasan tahun 2022.

Sama seperti tahun sebelumnya, delapan instansi yang membuka pendaftaran sekolah kedinasan meliputi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Badan Pusat Statistik (BPS), Badan Intelijen Negara (BIN), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) Alex Denni mengatakan, pendaftaran bakal dibuka 9 April 2022.

Bagi yang ingin melamar, dapat mengakses portal sekolah kedinasan di laman https://dikdin.bkn.go.id/. ”Proses pendaftaran dilakukan melalui satu portal, dengan kebijakan satu pendaftar hanya bisa melamar pada satu sekolah kedinasan saja,” ujarnya di Jakarta, Rabu (6/4).

BACA JUGA: Orang Asing ASEAN Bebas Masuk Indonesia

Nantinya, rangkaian seleksi sekolah kedinasan Tahun 2022 dilakukan dalam beberapa tahapan. Setelah pendaftaran, ada sesi pemilihan sekolah.

Dilanjutkan proses verifikasi oleh instansi, kelulusan administrasi, pembayaran virtual account, hingga seleksi kompetensi dasar (SKD) dengan Computer Assisted Test (CAT). Kemudian ditutup dengan pengumuman kelulusan.

Alex memastikan, seluruh tahapan seleksi penerimaan mahasiswa/praja/taruna sekolah kedinasan pada kementerian/lembaga dilaksanakan secara transparan, objektif, kompetitif, dan tidak diskriminatif. ”Seluruhnya bebas dari unsur KKN,” tegasnya.

SSCASN

Asisten Deputi Perancangan Jabatan, Perencanaan, dan Pengadaaan SDM Aparatur Kementerian PANRB Aba Subagja menambahkan, saat ini tengah dilakukan finalisasi jumlah alokasi mahasiswa/praja/taruna hasil persetujuan prinsip di delapan sekolah kedinasan yang ada.

Nantinya data tersebut akan diproses dalam penerimaan melalui sistem yang ada di SSCASN. BACA JUGA: Mulai Juli 2022, Pancasila Sebagai Mapel Sendiri

Dia mengimbau, bagi masyarakat yang ingin mengikuti seleksi diimbau untuk mulai mempersiapkan dokumen - dokumen persyaratan yang dibutuhkan.

Seluruh persyaratan umum maupun khusus masing-masing instansi sudah tersedia di website dikdin.bkn.go.id.

”Calon pelamar dapat mulai mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi kompetensi serta kelengkapan administrasi sesuai dengan ketentuan instansi yang dilamar,” ungkapnya.

Aba pun turut mewanti-wanti agar masyarakat selalu waspada terhadap praktik penipuan/percaloan yang menjanjikan kelulusan menjadi mahasiswa/praja/siswa taruna sekolah kedinasan.

Sebab, proses seleksi bebas dari praktik KKN. (mia)

Simak Video Berita 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"