HONDA

Baru 5 Hari Beroperasi, Pasar Takjil Ditinggalkan

Baru 5 Hari Beroperasi, Pasar Takjil Ditinggalkan

 

KEPAHIANG, rakyatbengkulu.com – Pemerintah Kabupaten Kepahiang telah menyiapkan lokasi untuk pasar takjil bulan Ramadan di taman Santoso Kecamatan Kepahiang.

Namun baru 5 hari beroperasi, pasar yang menjual aneka jajanan dan menu berbuka puasa tersebut, kemarin sudah tampak kosong ditinggal oleh para pedagang.

Bahkan di kawasan tersebut hanya menyisakan tenda milik BPBD Kabupaten Kepahiang yang masih berdiri. Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Kepahiang, Jan Johanes Dallos, S.Sos ketika dikonfirmasi tak membantah. BACA JUGA: TPP sudah Siap, Cair Jelang Lebaran, Terbesar Sekda Rp 17,3 Juta

Dia menilai pasar tersebut kurang diminati masyarakat untuk berbelanja takjil lantaran banyak pedagang yang memilih berjualan takjil di pinggir jalan.

“Pasar takjil itukan kita berikan kewenangan kepada pihak ketiga, dalam hal ini Serikat Pedagang Kabupaten Kepahiang. Merekalah yang mengelola dan pemerintah tidak ambil andil di dalamnya,” jelas Dallos.

Diakui Dallos, dalam perencanaan untuk pengadaan pasar takjil ini sangat singkat sehingga tidak matang. Namun ia mengatakan bahwa Serikat Pedagang ini tetap ingin mengadakan pasar takjil di kawasan Taman Santoso tersebut. BACA JUGA: Sertifikat Lahan Wisma Bukit Daun Belum Jelas

“Hasil rapat kita bersama Wabup, ya kita sepakati untuk menyerahkan kepada Serikat Pedagang terkait pelaksanaan pasar takjil tersebut. Kita tidak bisa menarik apa-apa dari aktivitas tersebut seperti PAD, karena masih dalam suasana Covid19,” terang Dallos.

Secara terpisah, Ketua Serikat Pedagang Kabupaten Kepahiang, Abdullah dikonfirmasi mengatakan, sepinya pasar takjil di Taman Santoso lantaran banyak pedagang yang enggan masuk ke dalam taman.

Mereka lebih memilih   di pinggir jalan. Sehingga masyarakat lebih memilih membeli takjil di pinggir jalan daripada masuk ke dalam taman.

“Karena sepi, hari Minggu lalu kita sudah suruh para pedagang membongkar lapaknya. Hanya 5 hari kalau kami hitung waktu para pedagang di taman Santoso tersebut berjualan,” bebernya. (sly)

Simak Video Berita 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: