HONDA

Lewati Jalur Mudik ke Sini, Lebih Baik Waspada, Jalan Rawan Ambles!

Lewati Jalur Mudik ke Sini, Lebih Baik Waspada, Jalan Rawan Ambles!

   

RIMBO PENGADANG, rakyatbengkulu.com -   Sudah memasuki masa mudik lebaran, jalan provinsi di Kabupaten Lebong kondisinya masih, mengkhawatirkan Seperti, jalan ambles di Kelurahan Tanjung Agung Kecamatan Tubei yang merupakan akses satu-satunya lintas Lebong - Bengkulu Utara. Titik lainnya, di Kelurahan Mubai Kecamatan Lebong Selatan dan 3 titik jalan ambles di Desa Kota Donok, Kecamatan Rimbo Pengadang yang merupakan pelintasan Lebong - Rejang Lebong. Hal ini diperparah material longsor, yang tidak juga dievakuasi keseluruhan. BACA JUGA: Mau Mudik? Cek Dulu 3 Hal Penting Berkendara Aman Bersama Keluarga

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perhubungan (PUPRHub) Kabupaten Lebong, Joni Prawinata, SE, M.Si mengaku sudah berulang kali koordinasi ke Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Bengkulu.

''Klaim pihak provinsi, tahun ini ada kegiatan pemeliharaan jalan di segmen Tes-Air Dingin,'' ujar Joni.

 Namun apakah kegiatan meliputi pekerjaan perbaikan seluruh titik jalan yang ambles, ia tidak tahu persis. Begitu juga dengan material longsor yang masih menumpuk di bahu jalan, belum bisa dipastikannya akan disingkirkan atau tidak.

''Yang jelas keluhan masyarakat itu sudah kami sampaikan ke provinsi,’’ ungkap Joni.

Anggota DPRD Kabupaten Lebong, Wilyan Bachtiar, S.IP meminta Dinas PUPR Provinsi Bengkulu melakukan perbaikan darurat. Khususnya jalan yang berlubang, diharapnya bisa ditambal sementara. BACA JUGA: Berikut Potensi Titik Longsor di Jalur Mudik, Kenali

Begitu juga dengan jalan yang ambles dimintanya diberi pembatas dan tanda peringatan. ''Jangan sampai ada pemudik yang terjebak sehingga menganggu keselamatannya,'' ujar Bachtiar.

Rawan Putus

 Pantauan RB, 2 titik dari 5 titik jalan yang ambles itu sudah terjadi sejak 2020. Disusul 2 titik baru tahun 2021. Bahkan bisa saja tahun ini kembali menyusul di titik lain.

Jika tidak segera ditangani, kerusakan akan semakin parah yanh dapat berakibat putusnya jalur lintas Lebong - Rejang Lebong. Sedangkan kondisi arus lintas Lebong-Rejang Lebong saat ini terus meningkat seiring masuknya masa mudik lebaran. (sca)

Simak Video Berita

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: