HONDA

MotoGP Pensiunkan #46 Milik Rossi

MotoGP Pensiunkan #46 Milik Rossi

 

VALENTINO Rossi mendapatkan penghormatan yang setara dengan pembalap legendaris Kevin Schwantz. Itu setelah MotoGP merasa perlu memensiunkan nomor #46 yang selama ini dipakai Rossi.

Memensiunkan nomor balapan sebenarnya sesuatu yang biasa. Tapi, selama ini hal tersebut kerap digunakan sebagai penghormatan untuk pembalap yang telah meninggal dunia selama kompetisi berlangsung.

Selama bertahun - tahun, MotoGP antara lain telah memensiunkan #69 Nicky Hayden, #48 Shoya Tomizawa, dan #58 Marco Simoncelli.

Tapi, pembalap pertama yang nomornya dipensiunkan adalah juara dunia 500 cc edisi 1993, yakni Kevin Schwantz. Pembalap Amerika Serikat pemilik nomor #34 itu mendapatkan penghormatan spesial MotoGP beberapa saat setelah pensiun. Sama dengan Rossi. BACA JUGA: SAH! Rossi Masuk Jajaran Legenda MotoGP

Menariknya, menjelang pensiun musim lalu, Rossi resmi dilantik ke Hall of Fame MotoGP. Di Jerez dua minggu lalu –selama akhir pekan Grand Prix Spanyol– mantan rekan setim Yamaha dan juara dunia tiga kali Jorge Lorenzo juga dilantik ke Hall of Fame.  

Rossi selama ini memang identik dengan nomor #46. Nomor itu pasti tak digunakan Rossi karena ia resmi pensiun akhir musim 2021. Grand Prix Valencia menandai berakhirnya karier luar biasa The Doctor –julukan Rossi– selama 26 tahun. Sepanjang kiprahnya, ia telah sukses menorehkan sembilan gelar juara dunia.

Pria asal Italia itu juga memiliki catatan 115 kemenangan dan 235 podium di semua kategori (125 cc, 250 cc, 500 cc, hingga MotoGP). Namun, jasa besarnya adalah karisma yang membuat penggemar seluruh dunia menggilai balap motor. BACA JUGA: Sindikat Pencurian Mobil, Terlibat 14 TKP Pencurian  

Legenda MotoGP

Berkat kontribusi besar Rossi, termasuk mendirikan VR46 Riders Academy dan membentuk skuad VR46 Racing Team, Dorna Sports menganugerahinya gelar Legenda MotoGP tahun lalu.

”Nomor 46 akan dipensiunkan dari penggunaan di kelas MotoGP di Autodromo Internazionale del Mugello,” demikian bunyi pernyataan resmi MotoGP, Sabtu, 14 Mei 2022.

”Identik dengan juara dunia sembilan kali dan legenda MotoGP Valentino Rossi, nomor tersebut akan dipensiunkan di Gran Premio d’Italia Oakley yang akan datang,” tulis MotoGP.

Seremoni memensiunkan nomor kendaraan itu akan berlangsung di track sirkuit. ”Rossi akan hadir saat warisannya dihormati dan nomornya dipensiunkan, setelah berlomba dengan nomor #46. Selama 26 musim berkecimpung di MotoGP, Rossi menjadi sosok yang paling dikenal di semua cabang olahraga.

Tentang bakal dipensiunkannya nomor #46 boleh jadi memicu pertanyaan. Sebab, Rossi pernah mengungkapkan ketidaksetujuannya. Baca Selanjutnya>>>

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: