HONDA

'Bimo', Sapi Kurban Presiden untuk Warga Kaur, Harganya Rp 64 Juta

'Bimo', Sapi Kurban Presiden untuk Warga Kaur, Harganya Rp 64 Juta

Sapi jenis Limosin yang diberi nama Bimo ini dibeli Presiden Jokowi.--

KOTA MANNA, rakyatbengkulu.disway.id - Untuk kedua kalinya Presiden Joko Widodo membeli sapi dari peternakan Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) untuk hewan kurban Idul Adha.

Tahun ini, Presiden Jokowi membeli sapi dari BS seharga Rp 64 juta.  Sapi jenis Limosin dengan bobot 850 kilogram. Oleh pemilik, Sidiq Budiyono, sapi tersebut dinamai Bimo.

Dipilihnya Bimo sebagai hewan kurban presiden tak lepas dari penilaian tim Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu dan Balai Besar Veteriner (BBVT) Lampung.

BACA JUGA:Kandang Terendam Banjir, 54 Hewan Kurban di Kota Bengkulu Dievakuasi

Apabila tidak ada perubahan lokasi, sapi kurban itu disembelih di Kabupaten Kaur dan dibagikan ke warga setempat.  Sidiq Budiyono mengatakan, sapi yang dipilih ini sudah lolos seleksi dan dipastikan bebas dari Penyakit Kuku dan Mulut (PMK) serta penyakit lainnya.

“Kami sangat bangga karena pembelinya adalah Presiden,” katanya.

Sementara itu, Bupati Gusnan Mulyadi mengapresiasi peternakan di BS. Sebab, ini kali kedua Kabupaten BS mendapat kepercayaan dari Presiden, membeli sapi unggul yang sehat dan layak sebagai hewan kurban dari Kabupaten BS.

BACA JUGA:Curi Uang Kurban Rp 25 Juta Hingga Perhiasan Emas 200 Gram

 “Ini bukti sapi BS tidak kalah dengan daerah lain. Tentunya menjadi motivasi agar peternakan sapi BS semakin giat dan menghasilkan sapi berkualitas lainnya,” ujar Gusnan.

Gusnan menargetkan tahun depan agar sapi BS kembali dibeli oleh presiden. Sebagai bentuk dukungan pemerintah daerah, Gusnan siap menawarkan bibit sapi berkualitas dan dipelihara langsung oleh petani.(tek)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"