HONDA

Menang Besar di Laga Akhir, Timnas U-19 Tetap Gagal di Piala AFF, Ini Hitung-hitungannya

Menang Besar di Laga Akhir, Timnas U-19 Tetap Gagal di Piala AFF, Ini Hitung-hitungannya

Kiper Timnas U-19 Cahya. Foto: pssi--

 

KEMENANGAN besar dengan skor mencolok 5-1 yang diraih Timnas atas Myanmar di laga pamungkas grup A piala AFF U 19, Minggu (10/7) malam menjadi sia-sia. 

Timnas tetap gagal lolos ke semifinal, usai di laga lain yang dimainkan di waktu yang sama, Vietnam bermain imbang 1-1 kontra Thailand.

Dengan hasil imbang tersebut, ketiga tim sama - sama mengumpulkan poin 11. Jika hitungan selisih gol yang dijadikan pedoman, otomatis Timnas menjadi pemuncak grup.

BACA JUGA: Timnas U-19 'Hajar' Myanmar 5-1

Namun, diajang AFF U19 2022 ini, banyak mencetak gol bukan jaminan. Timnas kalah head to head, hingga harus puas berada di peringkat ketiga klasemen akhir grup A. 

Begini penjelasannya.  Dilansir dari jpnn, diketahui mengacu kepada aturan dua atau lebih tim memiliki poin sama, maka yang diterapkan ialah perhitungan head to head antara tim-tim yang poinnya sama.

Mengacu kepada aturan dari AFC, tiga tim yang sama nilainya ini kemudian dibuatkan klasemen mini dengan melihat head to head mereka.

Artinya, jika Vietnam kontra Thailand imbang 0-0, maka perhitungan dianggap sama kuat. Karena sebelumnya laga Indonesia lawan Vietnam dan Thailand juga berakhir imbang 0-0.

BACA JUGA: Kondisi Terkini Charly Van Houten Usai Alami Kecelakaan di Jalan Tol

Karena sama kuat, maka perhitungan dilanjutkan dengan melihat berapa selisih gol yang didapatkan.

Namun, jika Thailand dan Vietnam imbang dengan skor 1-1, 2-2 dan seterusnya, maka yang lolos ialah Vietnam dan Thailand.

Sebab, kedua tim memiliki agresivitas gol lebih baik dari Indonesia saat dihitung head to head tiga tim dengan poin sama.

Dengan perhitungan head to head ini, berapa pun gol yang berhasil dicetak oleh Indonesia sebelumnya, tidak dianggap lagi.

Alhasil, cedera yang didapatkan Marselino Ferdinan sangat disayangkan, karena ujungnya nasib Indonesia harus bergantung kepada hasil Vietnam kontra Thailand.

BACA JUGA: Salat Id di Masjid Raya Baitul Izzah, Gubernur Ajak Tak Persoalkan Perbedaan

Dengan hasil akhir Vietnam vs Thailand yang digelar pada Minggu malam di Stadion Madya adalah 1-1, praktis Timnas tersingkir. 

 

Klasemen  akhir grup A Piala AFF U 19 2022

 

Negara   Main Menang Seri Kalah  Selisih Gol  Poin

 

*Vietnam  5      3          2     0        12-3 (+9)   11

*Thailand  5      3          2    0          7-1 (+6)     11

Indonesia 5     3          2    0          17-2 (+15)    11

Ket" *lolos ke semifinal

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: