BANNER KPU
HONDA

Sentra Kuliner, Butuh Sentuhan Pembangunan

Sentra Kuliner, Butuh   Sentuhan Pembangunan

Permainan anak-anak yang tersedia di halaman parkir sentra kuliner Kota Bintuhan ramai dikunjungi pada hari libur.FOTO :FIRMAN RB--

 

KAUR, RAKYATBENGKULU.DISWAY.ID – Kawasan Sentra Kuliner di seputaran Lapangan Merdeka Kota Bintuhan, Kecamatan Kaur Selatan, Kabupaten Kaur selalu ramai dikunjungi masyarakat.

Lapangan parkir Sentra Kuliner yang luas juga dimanfaatkan untuk tempat bermain anak-anak.

Masyarakat mengunjungi tempat ini pada waktu menjelang sore hingga malam. Kehadiran fasilitas bermain anak-anak yang membuat kawasan ini selalu ramai dikunjungi.

Pemilik usaha wahana bermain anak-anak, Rozi (43) mengatakan, kunjungan masyarakat ramai pada hari Sabtu dan Minggu, dari sore hingga malam hari.

Rata-rata pengunjung berasal dari berbagai kecamatan yang jaraknya cukup jauh, namun masih di dalam Kabupaten Kaur. 

Dijelaskannya, untuk satu kali permainan anak-anak dipatok Rp 10 ribu dengan dibatasi waktu. Di lokasi ini hanya bayar uang kebersihan kepada pengelola, jadi tidak sewa.

Rozi mengaku hari Sabtu, Minggu atau hari libur nasional,  pendapatan yang ia dapat bisa mencapai Rp 400 ribu dari beberapa usaha wahana permainan yang dimilikinya.

BACA JUGA: Belum Dimanfaatkan, Sentra Kuliner di Kepahiang Sudah Rusak

Namun kalau hari biasa pendapatnya hanya berkisar sekitar Rp 200 ribu. 

“Harapan kami untuk pemerintah terkait usaha yang dijalani saat ini, hendaknya ada tempat khusus yang dibuat, sehingga alat permainan tidak terpisah-pisah seperti saat ini. Selain itu harus ada pembangunan tempat bersantai keluarga, seperti gazebo,” harapnya.

Wahana permainan yang dimiliki Rozi diantaranya mobil baterai, odong-odong, lukis gambar anak, pancing ikan dan mainan pasir sintetis. Saat ini belum ada tempat khusus, jadi kalau hujan terpaksa kami bubar,” tuturnya.

Sementara itu, Amrul (48) pedagang bakso di sentra kuliner juga mengatakan perlu adanya penataan dan pembangunan agar kawasan ini semakin ramai dikunjungi, baik tempat duduk, tempat santai keluarga, dan fasilitas toilet untuk pengunjung.

Sehingga pengunjung semakin nyaman. 

“Kami sangat setuju kalau dibangun fasilitas penunjang di kawasan ini,” ujarnya.

BACA JUGA: Biiznillah (33), Dosen Muda Penulis Sengketa Tuhan dan Kebenaran

Salah seorang pengunjung, Dina, warga Kecamatan Maje menjelaskan ia sengaja datang ke Sentra Kuliner untuk mengajak anak-anaknya bermain. Hal itu dilakukan hampir setiap hari Minggu.

Mengunjungi kawasan Lapangan Merdeka Bintuhan ini menjadi ajang bersantai bersama keluarga, karena selain bisa mengajak anak-anak bermain bisa juga sambil menikmati makanan yang tersedia di kawasan Sentara Kuliner. 

Ke depan harapannya kawasan tersebut bisa dikelola dengan baik oleh  Pemkab Kaur.

Fasilitas-fasilitas pendukung tempat bersantai bersama keluarga bisa ditambah, dan ditambah pernak-pernik hiasan agar lebih indah. (pir)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: