HONDA

Mendaki Gunung Bikin Ketagihan, Bagi Pemula Perlu Persiapan Matang, Bisa Saja Bahayakan Diri

Mendaki Gunung Bikin  Ketagihan, Bagi Pemula Perlu Persiapan Matang, Bisa Saja Bahayakan Diri

Mendaki Gunung Bikin Ketagihan, Bagi Pemula Perlu Persiapan Matang, Bisa Saja Bahayakan Diri --Instagram@pancadesriansyah

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.Com - Mendaki gunung menjadi salah satu kegiatan healing bagi sebagian orang. Sensasi seru dan memacu adrenalin saat mendaki gunung disebut-sebut bisa membuat banyak orang ketagihan.

Jika baru pertama kali mendaki gunung, kamu harus mempersiapkan diri dengan matang. Kamu bisa memilih lokasi, jarak, ketinggian, tingkat kesulitan dan waktu tempuh sebelum mulai mendaki gunung. Kemudian semua faktor tersebut harus disesuaikan dengan kondisi tubuh dan waktu yang tersedia. Ada baiknya memilih tempat yang tidak terlalu sulit untuk pertama kalinya.

BACA JUGA:Sempat Dikabarkan Hilang, Mahasiswi PTS Ini Ternyata Pergi Mendaki Bukit Kaba

Harus dipahami bahwa pendakian tanpa persiapan yang tepat akan membahayakan diri sendiri dan orang lain. Rencanakan perjalanan dengan baik dan gunakan peralatan pendakian gunung yang tepat sesuai prosedur. Ingatlah bahwa tidak ada pendakian tanpa persiapan yang matang. 

Satu hal yang juga harus dipahami mendaki gunung merupakan aktivitas yang menuntut fisik, mental dan emosi. Memang tidak mudah, namun juga tidak sulit jika ada persiapan. Sangat berbahaya bagi pemula untuk mendaki gunung tanpa persiapan. Berikut tips persiapan bagi pemula yang baru pertama kali mendaki gunung.

BACA JUGA:Hot ! Program Bank Mandiri Enteng, Anda Bisa Nyicil 0% hingga 24 Bulan

Pertama, persiapkan fisik yang prima. Syarat mutlak mendaki gunung adalah fisik yang prima. Kita harus menjaga kesehatan dengan tidak begadang atau tidur yang cukup seminggu sebelum pendakian. Jangan lupa mengonsumsi vitamin agar tubuh tetap bugar saat hari pendakian tiba.

Kemudian sebelum mendaki, sebaiknya lakukan latihan kardio dan atur pernafasan juga. Jangan lupa untuk melatih mental saat menghadapi alam yang tidak bisa kamu kendalikan. Faktor fisik dan mental sangat penting dalam pendakian gunung.

BACA JUGA:Tempo Sehari, Terjadi 2 Kebakaran Lahan di Rejang Lebong

Kedua bawa peralatan yang di butuhkan naik gunung. Selain persiapan fisik, perlengkapan pendakian yang tepat juga tak kalah penting. Para pemula tentunya masih asing dengan peralatan mendaki gunung, sehingga perlu meneliti dan mencari informasi dari para pendaki yang sudah berpengalaman.

Ada beberapa perlengkapan wajib di gunung untuk mencegah hipotermia. Meliputi, kantong tidur, jaket hangat, jas hujan, baju ganti dan makanan berkalori tinggi. Bagi para pendaki, memilih alas kaki yang tepat juga penting agar perjalanan semakin nyaman. 

BACA JUGA:Gunakan Bio Septictank, Berikut 4 Tips Rumah Ramah Lingkungan

Selain itu perlengkapan dasar pendakian gunung lainnya seperti tenda, perlengkapan memasak, matras, carrier, perlengkapan medis, senter dan alat navigasi. Pastikan peralatan tersebut efisien untuk meringankan beban kamu selama perjalanan.

Ketiga kenali jenis medan dan tingkat kesulitan gunung. Seorang pendaki harus tahu rute dan medan gunung yang didakinya. Termasuk rata-rata durasi pendakian naik dan turun gunung bagi pemula, sehingga bisa mengkalkulasi persiapan fisik yang dibutuhkan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: