HONDA

Ditemukan di Negara Ini, Sejarah Uang Kertas Pertama Kali Dipakai di Dunia

Ditemukan di Negara Ini, Sejarah Uang Kertas Pertama Kali Dipakai di Dunia

Sejarah uang kertas pertama kali dipakai di dunia, ditemukan di negara ini.--Foto: Ilustrasi Freepik.com/ Derich

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Uang kegunaannya sangat penting di kehidupan manusia, karena uang merupakan alat tukar untuk berbagai macam transaksi.

Uang kertas merupakan uang yang terbuat dari kertas dengan memiliki gambar dan cap, merupakan sebuah alat pembayaran yang sah.

Diketahui sejarah uang kertas pertama kali dipakai di dunia disebut dengan nama Jiaozi. Adapun penemuan Jiaozi ini pada daratan China di tahun 997 Masehi. Dijelaskan kalau cikal bakal uang kertas ini ialah uang terbang.

Maksud dari uang terbang ialah uang ini telah digunakan oleh pedagang kaya serta pejabat pemerintah pada masa Dinasti Tang China di tahun 618 sampai 907 Masehi. 

BACA JUGA:Prediksi Tahun Naga Kayu 2024, Deretan Shio yang Mengalami Peningkatan Karir dan Keuangan

Adapun uang terbang ini ialah merupakan dokumen yang setara dengan wesel bank pada masa sekarang. Uang terbang ini memungkinkan seseorang menyetor uang ke pejabat setempat dengan imbalan berupa kwitansi kertas. 

Kuitansi kertas ini dipakai untuk menebus dengan jumlah uang yang sama di tempat lain.

Ketika zaman itu, para pejabat dan pedagang mulai meninggalkan uang koin yang berat kepada seorang agen yang dapat dipercaya. 

Kemudian agen tersebut akan mencatat berapa banyak jumlah uang yang disimpan oleh para pedagang ke selembar kertas. 

BACA JUGA:Pemilik 3 Shio Ini akan Terbebas dari Utang dan Kebanjiran Cuan dari Segala Arah hingga Bulan Depan

Pada kertas ini semacam surat promes yaitu akta yang berisi kesanggupan seorang debitur untuk membayar sejumlah uang tertentu yang disebut dengan Jiaozi.

Diketahui Jiaozi ini dapat dipakai untuk transaksi perdagangan seperti membeli barang, kemudian para penjual yang menerima surat promes ini bisa pergi ke agen dan menebus catatan tersebut untuk ditukar dengan uang koin.

Dengan keberadaan dari uang terbang pada masa itu sangat berarti karena bisa menyederhanakan proses transaksi.

Akan tetapi surat promes yang diproduksi secara pribadi ini belum menjadi mata uang yang sebenarnya. Diketahui mata uang kertas pertama kali diciptakan di Tiongkok pada masa Dinasti Song di tahun 960 sampai 1279 Masehi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: