HONDA

Begini Cara Budidaya Daun Bawang di Polybag, Kamu Tertarik?

Begini Cara Budidaya Daun Bawang di Polybag, Kamu Tertarik?

Budidaya daun bawang di polybag begini caranya, apakah kamu tertarik?--dokumen/rakyatbengkulu.com

Kemudian beri jarak antara alur sekitar 10 cm. bila tempat persemaian menggunakan polibag, maka setiap polybag diisi bijih benih sekitar satu atau dua biji per polybag, dengan kedalaman sekitar 10 cm.

Untuk penyiraman lakukan dua kali sehari, yaitu pagi dan sore, selain itu lakukan juga pemupukan dengan ZA, urea ataupun pupuk organik cair.

Setelah bibit berusia sekitar dua bulan, maka bibit siap dipindahkan ke tempat tanam pembesaran. Untuk memperbanyak bibit, lakukan melalui benih vegetatif yang diperoleh dari daun bawang yang daunnya telah berumur sekitar 2,5 bulan, pilih yang sehat serta memiliki banyak rumpun dan segar.

BACA JUGA:Petani Wajib Tahu! Begini Cara Mengatasi Rontok Bunga dan Buah Pada Tanaman Kelapa Sawit

3. Media tanam

Harus memiliki sifat subur, gembur dan mengandung banyak unsur organik dengan pH sekitar 6,5 hingga 7,5.

Adapun media tanam merupakan campuran tanah, arang, sekam padi dan pupuk kompos dengan perbandingan 2:1:1, bisa juga dengan campuran tanah dengan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1.

Setelah media tanam telah siap, lalu masukkan ke dalam polybag yang berukuran 0,08x30 atau bisa juga 15x30 atau pot seukuran kaleng cat 5 kg.

4. Bisa dilakukan secara organik atau non organik

Apabila ingin menanam secara organik dapat dilakukan secara langsung, bila mingin menanam daun bawang secara non organik harus direndam dahulu dilarutan fungisida selama 10-15 menit, hal ini dilakukan untuk menghindari adanya jamur pada akar.

BACA JUGA:Begini Tips Ampuh dan Solusi Basmi Hama Thrips yang Membandel Pada Tanaman Saat Musim Kemarau

Kemudian buatlah lubang pada polybag dengan kedalaman sekitar 10 cm, lalu masukkan bibit daun bawang ke dalam lubang tersebut.

Untuk menjaga kelembaban daun bawang tersebut, baiknya lakukan penyiraman, adapun waktu penanaman pada pagi hari ataupun sore hari.

Setelah penanaman bibit daun bawang selesai, maka letakkan polybag di tempat yang terdapat sinar matahari secara penuh.

5. Perawatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: