HONDA

Pestisida Alami dari Tanaman Lidah Buaya Dahsyat Bikin Hama dan Penyakit Musnah, Ini Cara Pembuatannya

Pestisida Alami dari Tanaman Lidah Buaya Dahsyat Bikin Hama dan Penyakit Musnah, Ini Cara Pembuatannya

Ini cara pembuatan pestisida alami dari tanaman lidah buaya yang dahsyat bikin hama dan penyakit musnah.--Foto: Freepik.com/Jcomp

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Tanaman lidah buaya merupakan tanaman yang ada di sekitar lingkungan rumah kita yang ternyata kaya akan manfaat.

Tanaman lidah buaya ini ternyata bisa menjadi pestisida alami yang banyak belum diketahui banyak orang.

Tanaman lidah buaya mempunyai manfaat sebagai pestisida alami yang bisa mencegah hama dan juga datangnya penyakit pada tanaman.

Selain sebagai pestisida alami, tanaman lidah buaya juga bisa digunakan fungisida alami yang ampuh mengusir jamur pada tanaman.

BACA JUGA:Tips dan Cara Membuat Pupuk Organik Memakai Tempe, Tanaman Bisa Tumbuh Subur

Tanaman ini bisa tumbuh dengan subur dan berukuran yang cukup besar jika ditanam di lahan gambut.

Pada tanaman lidah buaya ini terdapat senyawa antibakteri berpotensi sebagai pestisida alami yang sangat ampuh dan setara dengan pestisida kimia.

Dengan pemberian ekstrak lidah buaya terhadap tanaman diyakini mampu menghambat pertumbuhan koloni bakteri yang sering hinggap pada tanaman.

Adapun kandungan yang terdapat pada tanaman lidah buaya yaitu saponin, flavonoid, polifenol dan tanin yang mampu menjadikan tanaman lidah buaya ini sebagai pestisida serta fungisida yang sangat ampuh.

BACA JUGA:Jangan Dibuang! Ternyata Nasi Basi Bisa Menjadi Pupuk Penyubur untuk Tanaman

Tanaman lidah buaya sering dimanfaatkan menjadi pestisida alami untuk mengendalikan penyakit hawar daun bakteri pada padi, dikarenakan kandungan anti-bakteri yang dimilikinya.

Dengan manfaat pestisida alami ini akan berdampak luas pada hasil produksi serta kelangsungan komoditas pertanian di Indonesia.

Tanaman lidah buaya juga bisa tumbuh dengan mudah di pekarangan rumah, dan juga tanaman lidah buaya  ini sangat mudah untuk dikembangbiakkan.

Adapun bagian lidah buaya yang bisa digunakan sebagai pestisida maupun fungisida pada bagian daging daun dari tanaman lidah buaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: